Pentingnya Memahami Tugas dan Kewajiban Pegawai IHT Menuju Pegawai Cakap Digital

Pada Selasa, 20 Desember 2022, telah diselenggarakan kegiatan IHT di SMA Negeri 16 Semarang dengan tema menuju Tenaga Administrasi Sekolah Cakap Digital. Hadir sebagai narasumber yaitu Ibu Angky Mayang Saswati, S.Si., M.Si.,  yang menjabat sebagai Kasubag Tata Usaha Cabang Dinas Wilayah I Semarang. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMAN 16 Semarang, baik pegawai negeri sipil (PNS), P3K, maupun GTT-PTT (non ASN). Hadir pula perwakilan dari SMA Negeri 07, SMA Negeri 08 dan SMA Negeri 13.

Materi pada kegiatan IHT adalah sosialisasi terkait cuti bagi PNS, E-Kinerja dan PP No. 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Disampaikan juga terkait peta jabatan di satuan pendidikan. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh pegawai di SMAN 16 Semarang memahami hak dan kewajiban mereka dalam melaksanakan tugas. Dengan demikian para pegawai akan lebih baik dalam menjalankan tugas masing-masing. Yang menjadi penekanan dalam kegiatan ini antara lain motivasi bagi pegawai untuk mereview kembali kewajiban sebagai pegawai negeri sipil. Antara lain, mentaati peraturan perundang-undangan, menunjukan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan, dan tindakan kepada setiap orang, baik di dalam maupun di luar kedinasan. Kewajian PNS tersebut tertuang pada PP No 94 Tahun 2021 pasal 3. Disampaikan pula beberapa kewajiban PNS lainnya yang tertuang dalam pasal 4 antara lain kewajiban PNS untuk masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja.

Materi berikutnya adalah sosialisasi terkait pengelolaan kinerja pegawai melalui aplikasi E-Kinerja. Ini merupakan hal baru bagi pegawai. Pada kesempatan ini pegawai SMAN 16 Semarang diberikan tutorial tentang bagaimana mengoperasikan aplikasi E-Kinerja, beserta tugas pengisiannya. Hasilnya adalah memberikan pencerahan bagi bapak, ibu guru dan karyawan ASN, tentang kesempatan untuk mendapatkan haknya. Seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Pada kesempatan ini guru dan karyawan SMAN 16 Semarang mendapat kesempatan untuk menanyakan langsung hal-hal terkait hak dan kewajibannya sebagai ASN serta tentang E-Kinerja.

 

Penulis : Ning Puji Lestari, SMAN 16 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., SMKN 1 Tuntang