SMAGA Spectapreneur Expo 2023, Gaya Siswa Berwirausaha

Berwirausaha, Belajar dan Menghasilkan Cuan! Itulah gambaran sekilas di antara ratusan siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 3 Semarang dalam gelaran SMAGA Spectapreneur Expo 2023, Kamis 26 Januari 2023. Bertempat di halaman sekolah, para siswa  sejatinya sedang belajar tentang kewirausahaan dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan bagian tak terpisahkan Implementasi Kurikulum Merdeka. Membuka sejumlah 48 stand terdiri dari stand makanan besar, makanan ringan, minuman dan kerajinan, para siswa  memamerkan dan menjual  karya-karya  wirausaha pilihannya. Mereka sudah seminggu mempersiapkan projek wirausaha mereka mulai dari menemukan ide, merancang proposal bisnis, mendisain produk, membuat produk dan memasarkannya.

Kepala SMAN 3 Semarang, Drs. Yuwana, M.Kom., mengungkapkan bahwa kegiatan P5 kedua ini bertema kewirausahaan, dengan tagline Smaga Spectapreneur Expo 2023 yang menggabungkan antara teknologi dan kewirausahaan. “Tema yang ambil adalah entrepreneurship atau kewirausahaan. Konsep spectapreneur karena ada kolaborasi antara sekolah dan orangtua, serta pemanfaatan teknologi dalam kegiatan ini,” jelasnya usai membuka SMAGA Spectapreneur Expo 2023. Beliau menambahkan, peserta didik bergotong royong memanfaatkan teknologi  dalam proses pembuatan projek mereka. Internet dan media online digunakan sebagai media belajar untuk mendapatkan informasi dan pemasaran produk. Pada akhirnya mereka dapat menghasilkan karya-karya inovatif dan marketable.”

Pembukaan SMAGA Spectapreneur Expo 2023 berlangsung meriah dengan pelepasan 2 ekor burung merpati oleh Kepala Sekolah dan Pengawas SMA, Drs. Panca Mulyadi. Juga disaksikan oleh tamu undangan antara lain Komandan Kodim, Kepala-Kepala SMA Negeri dan Swasta Kota Semarang, beserta ratusan siswa dari sekolah-sekolah tersebut. Sementara itu Ketua Pelaksana P5, Gemaning Herditiarastri, menyampaikan penghargaan para guru fasilitator projek, panitia dan para orang tua yang menjadi pendamping dan yang mengahadiri acara ini. Dukungan orangtua baik dana dan tenaga menjadi bukti kolaborasi yang hebat antara pihak sekolah dengan orangtua siswa demi suksesnya projek putra-putri mereka. Selamat dan sukses!

 

Penulis : Arief S. Yoga, Wakakom SMAN 3 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang