MODELING CLASS SMKN SATU ATAP TUNTANG

Tata Busana merupakan salah satu jurusan di SMK Negeri Satu Atap Tuntang. Di jurusan ini siswa tidak hanya mempelajari mengenai pembuatan desain, pembuatan pola, proses produksi dan pemasaran busana tapi juga hal-hal lain yang menyangkut tentang dunia fashion seperti fashion trend, make up dan juga modeling. Dalam bidang Tata Busana, model merupakan orang yang bertugas untuk menampilkan dan merepresentasikan produk busana. Peran utama seorang model adalah menjadi pencipta image dari produk busana yang ia tampilkan meliputi sikap, ekspresi dan gaya tertentu dalam memperagakan produk busana, sesuai dengan yang dikehendaki produsen atau desainer.

Dalam rangka menyalurkan minat dan bakat peserta didik SMKN Satu Atap Tuntang di bidang modelling, jurusan Tata Busana mengadakan modeling class. Modeling class ini dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 13.00 WIB sampai selesai. Modeling class tidak hanya diikuti oleh siswa-siswa jurusan Tata Busana, tapi juga bisa dari jurusan lain. Saat modeling class, siswa diajarkan cara berjalan di catwalk, cara memperagakan berbagai jenis busana, ekspresi hingga etika dalam bersikap. Anggita Fortuna Dewi, S.Pd. sebagai pembimbing modeling class menuturkan, “Modeling class sangat berguna untuk menjaring minat dan bakat siswa di bidang modeling. Kegiatan ini juga sebagai persiapan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk kegiatan atau lomba fashion show.” Rara Ayu Puji, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan ini berkata, “Kegiatan modeling memberikan pembelajaran dan pengalaman yang baru bagi saya. Kegiatan ini juga menambah kepercayaan diri saya untuk lebih berani tampil.”

SMKN Satu Atap Tuntang terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik. Untuk itu ke depannya kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan dan ditambah sehingga bisa menambah keterampilan dan prestasi siswa.

 

Penulis : Anggita Fortuna Dewi, S.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang