SMAHA Tingkatkan Mutu Sekolah dengan Studi Tiru

Era disrupsi semakin menjadi, seolah siapapun tidak mampu membendung fenomena ini. Disrupsi melanda hampir semua faktor kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Sudah semestinya semua musti berbenah. Pergeseran paradigma ‘belajar dan berprestasi’ juga harus dipahami oleh semua pendidik dan stakeholders terkait. Hal ini bisa bisa terwujud jika ranah manajemen sekolah selalu mengedepankan kualitas pendidikan yang berpihak pada kebutuhan belajar murid di era sekarang ini. Untuk itu, Rabu dan Kamis, 15 dan 16 Februari 2023, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) melaksanakan studi tiru ke salah satu lembaga pendidikan Islam terbaik di Jawa  Timur, yakni SMA Al Hikmah Surabaya dan SMA Al Hikmah Boarding School Batu Jawa Timur.

Tim studi tiru dari SMAHA terdiri dari jajaran pimpinan dan tim pengembang kurikulum sekolah. Kunjungan pertama dilaksanakan di SMA Al Hikmah Surabaya. Acara sharing, diskusi dan observasi sekolah berlangsung lancar dari pagi hingga sore hari. Bapak Gatot Sulanjono selaku Kepala SDM Al Hikmah menuturkan bahwa Al Hikmah siap menjadi partner membantu SMAHA dalam peningkatan mutu sekolah. Hari ke dua, berkunjung di SMA Al Hikmah Boarding School Batu, disambut  hangat oleh Ustadz Dr. Edi Kuntjoro selaku Direktur dan Ustadz Mim Saiful Hadi, M.Pd. selaku Wakil Direktur. Kegiatan sharing, diskusi dan observasi juga dilaksanakan pada kunjungan ke dua ini. Boarding school yang memiliki total area 23 hektar ini tidak hanya memiliki lokasi yang sangat tepat untuk sekolah boarding, namun juga telah melahirkan alumni yang berkualitas. Kesantunan akhlak, kemandirian, serta segudang prestasi dari para murid, sudah cukup membuktikan bahwa ‘berbudi dan berprestasi’ tidak hanya sekedar slogan belaka.

Alhamdulillah, tepat kiranya kami memilih SMA Al Hikmah Surabaya dan SMA Al Hikmah Boarding School Batu ini menjadi tempat studi tiru SMAHA. Sepulang dari sini, oleh-oleh yang kami bawa akan kami godog untuk kami jadikan bahan analisis di sekolah, yang akhirnya akan kami validasi mana sekiranya yang bisa diterapkan di SMAHA,” tegas Ibu Etik Ningsih, S.Pd., Kepala SMAHA.

 

Penulis    : Nunung Kusumawati, S.S., Guru SMAHA

Editor       : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang