SMKN 3 Semarang Kirim Guru Ikuti Training Di PT Gree Electric Appliances Indonesia

Semarang, 16 Februari 2023 – Program Upskilling adalah program untuk meningkatkan kompetensi guru. PP No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan di dalamnya menjelaskan pentingnya pengembangan hard skill dan soft skill agar guru menjadi guru yang professional. Bentuk pelatihan guru yang berbasis industry sangat dibutuhkan. Guru dilatih oleh industri di perusahaan mengikuti perkembangan kebutuhan industri.

Sinkronisasi Kurikulum SMK dengan  kebutuhan industri adalah mutlak harus dilaksanakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di  SMK. Seorang Perencana yang mampu melakukan perencanaan utilitas bangunan yang berkaitan dengan pencahayaan, plumbing, dan pencegahan terhadap bahaya kebakaran pada bangunan sangat dibutuhkan pada saat ini. Minimnya kompetensi guru yang menguasai sistem pendingin dan tata udara menjadi latar belakang dilakukannya kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 2 (dua) guru SMK Negeri 3 Semarang, yaitu Karjono,S.Pd dan M Mas Adi Azro’I, S.Pd. Kegiatan Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 16 Februsari 2023 di PT Gree Elecric Appliances Indonesia di Semarang.   Tujuan kegiatan pelatihan adalah peningkatan kompetensi guru dalam kompetensi sistem pendingin dan tata udara. dan mampu membuat instalasi secara mandiri serta dapat mengembangkan kualitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Materi pelatihan meliputi GMV product knowledge, instalasi dan showing unit operation. Dengan pelatihan ini , guru SMK membekali siswanya agar dapat  bersaing di dunia industri. “Pada pelatihan ini kami mendapatkan training tentang AC jenis GMV sehingga  dapat mengenali jenis-jenis AC Gree dan memahami prinsip kerja AC jenis GMV” ujar Karjono, salah satu pesera pelatihan.

Kepala SMK Negeri 3 Semarang, Dra. Ummi Rosydiana, M.Par., berharap dengan adanya program upskilling guru berupa pelatihan-pelatihan dan training bisa meningkatkan kompetensi profesional guru sesuai bidang keahliannya, meningkatnya kualitas pembelajaran, dan bisa mengimbaskan ilmu yang didapat kepada guru, instruktur serta peserta didik sebagai bagian dari pengembangan hardskill, softskill, dan karakter. Salam Vokasi!

Penulis :Drs. Purnomo Raharjo, KPK Teknik Tenaga Listrik SMK N 3 Semarang