Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444H SMAN 5 Semarang

Jumat, 17 Februari 2023, Rohani Islam (Rohis) SMA Negeri 5 Semarang mengadakan kajian Isra’ Mi’raj. Kegiatan ini diikuti oleh siswa yang mengikuti Rohis, guru serta karyawan SMAN 5 Semarang. Pematerinya adalah Gus Abdul Wahab. Mirza Muhammad Samodra Akmal, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa dengan mengusung tema “Menguatkan Ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah dan Insaniyah di Era Modern” diharapkan dapat bermanfaat untuk membentuk pribadi Islam yang lebih baik lagi. Acara kajian dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran Qs. Al-Isra:1-3 oleh Riantino Kristianto dan Zaskia Ramadhani Soewito.

Kepala SMAN 5 Semarang, Soleh, S.Pd., M.Pd. menyampaikan walaupun acara peringatan Isra’ Mi’raj di SMAN 5 Semarang berlangsung sederhana namun tidak mengurangi makna peringatan ini sehingga diharapkan tetap bisa merefleksikan ke dalam diri masing-masing tentang peristiwa Israj’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Pak Soleh mengingatkan agar peserta kajian semakin memperkuat ibadah dengan menjalankan sholat 5 waktu dan meneladani sikap jujur Nabi Muhammad SAW. Dengan bersikap jujur kehidupan akan bahagia karena kebahagiaan yang hakiki adalah kebahagiaan di akhirat sementara di dunia ini kebahagiaan yang ada tidak pasti dan tidak langgeng. Oleh karena itu, dengan menjalankan ibadah sesuai perintah nabi serta menjaga sikap dan perilaku diharapkan akan mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian dunia dan akhirat.

Gus Abdul Wahab menyampaikan bahwa inti Isra’ Mi’raj adalah Nabi Muhammad SAW menerima perintah shalat. Shalat menjadi penghubung komunikasi dengan Allah SWT. Shalat menjadi hal wajib dilaksanakan agar hidup bahagia. Selain itu, Gus Abdul Wahab mengajak peserta kajian untuk mengimplementasikan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW terhadap minat dan semangat belajar siswa di SMAN 5 Semarang. Gus Abdul Wahab memberikan contoh kisah orang-orang sukses yang bisa menjadi teladan bagi siswa. Ilmu yang siswa pelajari dan miliki harus semakin menambah kecintaan kepada Allah sehingga akan mendatangkan manfaat bagi banyak orang. Gus Abdul Wahab menegaskan agar siswa dapat mengikuti dan meneladani 4 sikap Nabi Muhammad SAW yaitu Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah dalam kehidupan siswa sehari-hari.

 

Penulis: Imaniar Yordan Christy, S.Pd., Guru SMAN 5 Semarang

Editor    : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang