Jaga Kesehatan Siswa,  SMAHA Adakan Pemeriksaan Kesehatan

 

Masalah kesehatan merupakan masalah kita semua. Sebagai bentuk kepedulian sekolah terhadap kesehatan warga sekolah, SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) mengadakan pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan  puskesmas Padangsari, Banyumanik, Semarang. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis-Jumat (2-3 Maret 2023) ini merupakan lanjutan dari screening kesehatan yang pernah dilakukan pada semester gasal lalu. Jika pada saat itu target screening adalah kelas X, untuk kali ini targetnya kelas XI, XII, serta guru dan karyawan.

Ada beberapa rangkaian pemeriksaan yang dilakukan. Mulai dari pengukuran tinggi dan berat badan, cek Hb, cek ketajaman mata, pemeriksaan gigi, serta pemeriksaan kesehatan secara umum yang meliputi pemeriksaan kuku dan telinga. Tim medis dari puskesmas Padangsari melakukan pengecekan kepada siswa secara bergantian. Dokter memberikan penjelasan potensi apa yang mungkin akan diderita oleh masing-masing siswa, sehingga bisa dilakukan pencegahan sejak dini.

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau berharap semoga melalui penjaringan kesehatan ini, siswa menjadi tahu perkembangan kesehehatannya, sehingga bisa menindaklanjutinya dengan baik. Selain itu diharapkan akan terjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dan puskesmas. 

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendeteksi secara dini kesehatan siswa.  Misalnya seperti cek Hb yang bertujuan untuk mendeteksi adanya anemia atau tidak. Kami juga menghimbau siswa untuk minum tablet tambah darah agar perempuan Indonesia tidak anemia dan nantinya tidak menghasilkan generasi yang stunting”, tutur Ibu Natrisa, pemegang dokter gigi puskesmas Padangsari.

Penulis: Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.