Workshop Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik Pembuatan ATP & Asesmen

Tujuan kurikulum merdeka salah satunya adalah untuk menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk bersama-sama menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar murid. Kurikulum merdeka juga menekankan pendidikan Indonesia pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Dalam rangka mendukung program pelaksanaan kurikulum merdeka tersebut, SMK Yayasan Pharmasi menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik yang dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Maret 2023, dengan menghadirkan narasumber Sri Hartati, M.Pd. dari BBPMP Propinsi Jawa Tengah. Workshop kali ini mengambil tema pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Asesmen. Workshop yang dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik SMK Yayasan Pharmasi, bersama Rahayu Wahananingtyas, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah. Dalam kesempatan tersebut kepala sekolah menyampaikan pentingnya pelaksanaan workshop untuk diikuti seluruh tenaga pendidik supaya seluruh tenaga pendidik mendapatkan ilmu yang cukup dan siap untuk menjadi bekal sekolah dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka. Selain mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh sekolah, semua tenaga pendidik juga diwajibkan untuk belajar secara mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Workshop diikuti seluruh tenaga pendidik dengan antusias dan semangat yang tinggi. Sri Hartati, M.Pd. dalam kesempatan tersebut memberikan ilmu dan informasi terkait kurikulum merdeka yang sangat dibutuhkan oleh peserta. Setelah mendapatkan materi dari narasumber peserta dibagi dalam beberapa MGMP untuk saling berdiskusi dalam pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Asesmen. Harapan dari kegiatan workshop tersebut adalah SMK Yayasan Pharmasi dapat menyiapkan seluruh tenaga pendidiknya untuk benar-benar siap dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2023/2024 mendatang.

Penulis            : Humas SMK Yayasan Pharmasi

Editor              : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang