Ujian AS Tenang Pesantren Kilat Tampil Gemilang

Ramadhan tahun ini SMA Islam Sultan Agung 1 menghadapi 2 kegiatan yang harus bisa berjalan beriringan tanpa saling bersinggungan. Kegiatan Ujian Asessment Sumatif (AS) kelas XII dan Pesantren Kilat karena keduanya adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan. Ujian AS membutuhkan ketenangan karena menghadapi ujian untuk nilai akhir oleh karena itu mereka membutuhkan konsentrasi lebih tanpa ada gangguan, di lain pihak ada kegiatan pesantren kilat dimana kegiatan ini akan mendidik mereka untuk lebih mendalami makna dan indahnya ibadah Ramadhan.

Alhamdulillah kedua kegiatan ini dapat dilaksanakan secara harmonis. Karena kegiatan pesantren kilat kali ini dilaksanakan dengan khusyuk dan menyenangkan sehingga peserta didik menjalankan dengan tenang,nyaman dan senang. Kegiatan pesantren ini dilaksanakan oleh peserta didik kelas X dan XI pada tanggal 31 Maret – 14 April 2023.

Adapun kegiatan -kegiatannya yaitu ;
1. Tadarus kegiatan ini dilaksanakan untuk memperdalam ilmu mereka dalam membaca Qur’an dan memahami maknanya,sehingga mereka mampu mengaplikasikan isi dalam kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

2. Membedah dan melaksanakan isi dalam buku Amaliah Ramadhan,dimana kegiatan ini akan menambah keimanan dan ketaqwaan mereka dalam menjalankan ibadah Ramadhan dengan khusyuk.

3. Belajar tentang adab, kegiatan ini dikhususkan untuk membentuk karakter peserta didik agar dapat menjadi generasi Khaira ummah sesuai dengan visi sekolah menjadi insan Kamil yang unggul di masa depan dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Kegiatan Projek 3 D tentang pilar Islam, ini salah satu kegiatan yang digandrungi peserta didik karena bagi mereka ini seru,mereka dibebaskan berkreasi seinovatif mungkin sehingga menghasilkan karya kriya yang indah dan penuh makna karena memiliki kandungan-kandungan nilai Islam.

5. Nonton bareng film Motivasi, ini juga salah satu kegiatan yang menjadi favorit dan ditunggu-tunggu oleh peserta didik,santai namun sarat makna nonton bareng film Islami. Film-film ini mengandung makna-makna tentang agama Islam yang kemudian diakhir kegiatan membuat resume untuk mengetahui sejauh mana kepahaman mereka terhadap isi film.

Semua kegiatan itu dilaksanakan oleh peserta didik kelas X dan XI dengan tekun dan tenang sehingga tidak menggangu jalannya Ujian Asessment Sumatif.

SMA Islam Sultan Agung 1 selalu membuat semua kegiatan sekolah sarat akan makna dan dapat berjalan lancar untuk semua peserta didik Semoga kegiatan ini dapat menciptakan pribadi peserta didik yang lebih baik dan unggul. ~Wln~
Sumber : klik disini