Puncak Acara 41 Khataman Al Quran di SMAN 1 Bringin

 

Kamis, 13 April 2023 SMAN 1 Bringin berhasil menggelar acara puncak khataman Al-Quran di Gedung Serba Guna (GSG) dengan jumlah total 41 khataman. Acara tersebut merupakan puncak program literasi Al Quran kepada peserta didik dan para guru. Program literasi ini dimulai pada hari selasa, 28 Maret 2023. 

Kegiatan khataman berlangsung selama kurang lebih 15 menit dan bertempat di kelas masing-masing sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan literasi Al Quran ini didampingi oleh satu orang guru dan 2 anggota rohis. Program literasi Al Quran ini berlangsung pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. 

Anggota Rohis menjadi penanggung jawab kegiatan masing-masing kelas. Mereka memiliki tugas untuk mendata peserta didik yang berhalangan, yang sudah lancar, dan yang belum lancar membaca Al Quran pada setiap jadwal hari literasi. Hal ini digunakan untuk membagi jatah bacaan yang tentunya dibedakan menyesuaikan kemampuan peserta didik. Pembagiannya selalu diperbaharui pada setiap harinya. Adapun setiap kelas mendapat jatah total membaca sebanyak 5 juz dan untuk guru sebanyak 10 juz. 

 Setiap hari SMA N 1 Bringin berhasil melakukan 3 kali khataman. Ditambah dengan organisasi Rohis 2 kali khataman, OSIS 1 kali Khataman, Bantara 1 kali Khataman, kelas XII 1 kali khataman, dan secara khusus kelas XI MIPA berhasil menghatamkan 9 kali khataman Al Quran. Maka demikian secara total SMA N 1 Bringin selama bulan Ramadhan berhasil mengkhatamkan 41 kali khataman Al Quran.

Melalui adanya kegiatan literasi Al Quran tersebut, setiap peserta didik dan guru dapat mengisi waktu Ramadan untuk lebih banyak membaca Al Quran. Atas hal tersebut diharapkan semangatnya tidak berhenti sampai bulan Ramadhan akan tetapi bisa menular pada bulan-bulan berikutnya sehingga berdampak dengan tumbuhnya rasa cinta setiap individu terhadap Al Quran. Dengan adanya rasa cinta terhadap Al Quran besar harapannya dapat menjadi pribadi yang lebih baik yang dapat mengimplementasikan nilai-nilai Al Quran dan kelak mendapatkan Syafaatnya.  

Penulis : Indana Mashlatur Rifqoh, S.Pd.I., Guru SMAN 1 Bringin.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.