SMA Negeri 4 Semarang Meramaikan Ramadhan 1444 H

Bulan suci Ramadhan 1444H akan segera berakhir. Bulan penuh berkah, dimana segala amalan kebaikan kita akan dilipat gandakan Allah SAW. Seperti yang dilakukan oleh keluarga besar SMA Negeri 4 Semarang pada 14 April 2023 lalu. SMA Negeri 4 Semarang sukses menggelar acara pesantren ramadhan bertema “membentuk generasi beriman, bertakwa, dan memperkuat hubungan baik sesama manusia” yang berlokasi di Masjid At-Taqwa SMA Negeri 4 Semarang. Faktanya, acara ini juga menjadi ajang implementasi pengembangan kurikulum pendidikan agama, terutama agama islam, dalam lingkup sekolah yang mengacu pada Direktorat Pendidikan Agama Islam Provinsi Jawa Tengah.

“Kegiatan pesantren Ramadhan tahun ini alhamdulillah berjalan lancar. Dari dilaksanakannya berbagai lomba hingga pelaksanaan sholat sunnah tarawih dan witir bersama-sama di sekolah. Meski terdapat kendala cuaca yang kurang mendukung, kami, selaku panitia, sangat bangga terhadap teman-teman dan seluruh kekuarga besar SMA Negeri 4 Semarang yang telah mengikuti acara ini hingga selesai,” ucap Avisa Indira salah seorang panitia (15/04/2023)

Kegiatan yang dilatarbelakangi oleh sinar harapan besar masa depan Indonesia sebagai bentuk andil dalam aksi pemuda untuk masa depan Indonesia serta implementasi pendidikan agama di lingkungan sekolah ini diikuti hampir 600 siswa dengan 70 guru.

Dalam kegiatan tersebut terdapat berbagai bentuk acara. Seperti lomba kaligrafi dan sambung ayat Al-Qur’an, olimpiade agama islam, khotmil Qur’an, Tausiyah dari Ustadz Jazuli, ifthar bersama, dan sholat tarawih hingga witir. Selain itu, untuk para siswa non-muslim juga diadakan kegiatan ziarah rohani berdasarkan lokasi kerohaniannya masing-masing.

SMA Negeri 4 Semarang merupakan sekolah yang selalu bersinergi membangun karakter pancasila melalui berbagai aspek kehidupan, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat patut untuk dicontoh oleh remaja Indonesia untuk menjaga kualitas pribadi yang taat beragama dalam berbangsa dan bernegara. SMAPA INSPIRATIF!

Penulis: Tim Jurnalistik SMA Negeri 4 Semarang