Momentum Pelepasan Kelas XII SMAN 11 Semarang Tahun 2023

Senin, 8 Mei 2023, kelas XII SMAN 11 Semarang melangkahkan kaki berdiri tegak di lapangan sekolah. Apel pagi sekaligus pemberian salam perpisahan pelepasan kelas XII tahun ajaran 2022/2023 pun dilaksanakan dengan khidmat. Acara yang dihadiri oleh seluruh kelas XII dan Bapak Ibu guru dibuka oleh sambutan dari Kepala SMAN 11 Semarang, yaitu Ibu Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan betapa bangga terhadap siswa kelas XII karena mereka bisa menyelesaikan belajar dengan baik hingga lulus dan mendapat nilai yang memuaskan. Ibu Tri juga berpesan kepada seluruh siswa kelas XII untuk selalu bersemangat dalam meraih asa. Selain itu, beliau juga berpesan kepada para alumni baru ini untuk tetap menjaga nama baik almamater dan keluarga besar SMAN 11 Semarang.  “Perjuangan masih sangat panjang, tetaplah belajar menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi sesama serta raihlah cita-citamu setinggi langit di angkasa,” kata Ibu Kepala sekolah sambil menyerukan Smanse Tangguh dan ditirukan oleh seluruh peserta apel pagi.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum juga memberikan sambutan, Bapak Ahmad Rifai, S.Pd., M.Si. menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT karena seluruh siswa kelas XII SMAN 11 Semarang lulus 100% dan terdapat dua siswa yang mendapatkan nilai yang terbaik, yaitu dari kelas XII MIPA-4 atas nama Mahdia Naura dan kelas XII IPS-2 Cindi Carolina Putri Sitepu. Tidak lupa Bapak Rifai mengucapkan selamat dan memberikan piagam penghargaan kepada dua siswa tersebut. Komite SMAN 11 Semarang, yaitu Bapak Drs. H. Achmad Zaini pun ikut memberikan sambutan, beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada kepala SMAN 11 Semarang dan berpesan kepada siswa kelas XII untuk tetap bersemangat meraih impian. Penyerahan secara simbolis siswa dari kepala SMA Negeri 11 Semarang kepada komite dilakukan sebagai bukti bahwa sekolah telah melepaskan siswa kelas XII dan dikembalikan kepada orang tua.

Naufal Rifat selaku mantan ketua OSIS mewakili teman-temannya menyampaikan sepatah kata untuk berpamitan kepada Bapak Ibu guru tercinta. Diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang melakukan sungkem permintaan maaf serta memohon doa restu kepada para wali kelas mereka. Suasana haru pun menyelimuti pagi di SMAN 11 Semarang, tidak sedikit siswa yang meneteskan air mata, memeluk dan mencium tangan Bapak Ibu guru sebagai bukti betapa mereka merasa sangat berat dengan adanya perpisahan. Selain itu, untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesame, donasi seragam pun dilakukan oleh siswa kelas XII. Seragam tersebut dikumpulkan di sekolah untuk didistribusikan kepada yang membutuhkan. Kegiatan apel pagi ditutup dengan doa yang sangat khusyuk dipimpin oleh Bapak Sholeh, salah satu guru agama di SMAN 11 Semarang, dalam doa banyak sekali harapan yang diamini oleh seluruh peserta apel.

 

Penulis : Humas SMAN 11 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang