Kepala SMAN 16 Semarang, Sri Wahyuni, M.Pd., Raih Gelar Doktor Dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor UNNES

Kepala SMA Negeri 16 Semarang, Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., jalani sidang disertasi terbuka promosi doktor Program Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada hari Jumat, 19 Mei 2023, pukul 16.00 sampai dengan 18.00 WIB. Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., selaku promovenda dalam sidangnya mengangkat judul disertasi yaitu “Retorika Glosematik Wacana Kebahasaan Peserta Didik SMA.” Sidang yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit berjalan dengan lancar. Ujian terbuka ini dilaksanakan di Kampus Pascasarjana UNNES Gedung B 106, diuji oleh 7 orang penguji dan diketuai oleh Prof. Dr. S. Martono, M.Si. Sedangkan penguji adalah sebagai berikut, penguji I yakni Dr. Mulyana, M.Hum., penguji II Dr. Rahayu Pristiwati, M.Pd., penguji III Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., penguji IV Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum., penguji V Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. dan penguji VI Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum. Acara berjalan dengan lancar dan para undangan yang terdiri dari kalangan akademisi dan praktisi pendidikan tampak antusias menyimak setiap pertanyaan dilontarkan penguji yang sangat menarik, sekaligus jawaban dari promovenda yang sesekali membuat seisi ruangan tegang dan juga terhibur.

Hampir semua pertanyaan dari para penguji dijawab dengan baik oleh Promovenda, dan sesekali para penguji juga menyampaikan saran juga kritik yang berhubungan dengan temuan-temuan teknis alih bahasa. Di akhir ujian terbuka, ditutup dengan nasihat-nasihat singkat namun mengena untuk promovenda Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Harapan dari para penguji adalah selesainya ujian ini, akan ada banyak ide-ide pendidikan dan para akademisi yang memperdalam penelitian ini sampai pada tahap outcome serta memotivasi para mahasiswa S2 maupun S3 yang sedang menempuh pendidikan agar bersegera menyelesaikan tesis dan disertasinya. Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd menjadi Doktor ke-810 Program Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, berhasil mempertahankan argumen atas disertasi beliau sehingga berhasil lulus dengan IPK 3,91 berpredikat A atau sangat memuaskan. Usai menjalani sidang terbuka, beliau mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh keluarga di tengah-tengah kesibukannya menjadi Kepala SMA Negeri 16 Semarang dan ucapan terima kasih juga kepada seluruh Guru dan TAS SMA Negeri 16 Semarang.

“Alhamdulillah, pada hari ini, saya sudah melaksanakan sidang terbuka promosi doktor program doktor pendidikan pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan seluruh Guru dan TAS SMA Negeri 16 Semarang, yang sudah mendorong saya di tengah tengah kesibukan sebagai Kepala Sekolah alhamdulillah bisa melanjutkan sampai selesai,” ucap beliau. Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd mengungkapkan kebahagiaannya yang sudah selesai menjalani sidang terbuka promosi doktor. Beliau juga menyampaikan meskipun banyak kepentingan yang diemban namun dapat menyelesaikan pendidikan ini dengan lancar. Selamat dan sukses untuk Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., semoga semakin amanah dalam mengemban tugas dan gelar Doktoral.

 

Penulis : Sri Hastuti, S.Pd., Guru SMAN 16 Semarang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang