Bimtek Keamanan Pangan untuk Kader Keamanan Pangan Sekolah

Dalam rangka melanjutkan Program Prioritas Nasional Pangan Jajanan Anak UsiaSekolah (PJAS)”. Perwakilan dari SMKN 6 telah mengikuti kegiatanBimbingan TeknisKeamanan Pangan Untuk Keamanan Pangan Sekolah Kota Semarang”. Kegiatan inidilaksanakan pada Hari Rabu,14 Juni 2023,bertempat di Aula Hotel Khas Semarang yang diselenggarakan oleh Balai Besar POM di Semarang. Bimtek ini diikuti oleh 16 sekolahterdiri dari  SD ,SMP ,SMA /SMK  sekota Semarang. Tujuan Bimtek ini untukmeningkatkan PJAS yang aman,bermutu,dan bergizi.  Untuk itu Implementasi program PJASmenuntut kemandirian sekolah termasuk guru,orangtua siswa,serta pengelola kantin dalammengawasi keamanan jajanan anak di lingkungan sekolah masingmasing.

Demi menunjang tujuan dari kegiatan tersebut, maka dibentuk kader untuk masing-masing sekolah. Tugas kader yaitu melakukan intervensi keamanan pangan pada komunitassekolah. Materi yang diberikan untuk kader antara lain, kebijakan keamanan pangan jajanananak sekolah, mengolah pangan aman, memilih pangan aman, nutrisi seimbang untuk SDM unggul, contoh-cntoh jajanan yang tidak sehat, peran kader keamanan pangan sekolah, monitoring kader, dan tahapan sertifikasi sekolah.

Sebelum dilaksanakan bimtek yang diikuti kader keamanan pangan sekolah, kegiatandiawali denganSosialisasi Keamanan Pangan Kepada Komunitas Sekolah” yang sudahterlaksana pada hari selasa, 13 Juni 2023”. Lintang Purba Jaya, kepala BBPOM Kota Semarang menyampaikan bahwa tujuan dari kedua kegiatan ini untuk mengentaskanmasyarakat Indonesia dari kemiskinan.

SMK Negeri 6 Semarang merupakan salah satu pilot project untuk kegiatan KPS di kota Semarang. Sehingga SMK Negeri 6 Semarang memunyai tugas untuk mensosialisasikandan pembinaan tentang keamanan pangan di sekolah sekitar di wilayah Kota Semarang.

Penulis : Humas SMKN 6 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.