Munculkan Inspirasi Peluang Usaha Melalui Kunjungan Industri

Program pengembangan SMK saat ini diprioritaskan dalam peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, serta perguruan tinggi. Demikian juga SMK Negeri 1 Bawen saat ini berupaya maksimal menggandeng sebanyak-banyaknya mitra agar program link and match bisa berjalan dengan optimal. Oleh karena itu pada hari Selasa, 13 Juni 2023, diselenggarakan Kunjungan Industri pada Program Keahlian Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 Bawen. Kunjungan industri diselenggarakan di Industri Abon Gajah Mas dan Abon Rojo Koyo Boyolali. Kegiatan diikuti oleh siswa APHP sejumlah 143 orang dan 13 pendamping terdiri atas guru dan teknisi. Peserta dibagi dalam empat bis, dua bis berkunjung ke Abon Gajah Mas dan yang lainnya ke Abon Rojo Koyo. Abon Gajah Mas didirikan pada tahun 1965 oleh Bapak Abdul Rahmat beserta istrinya Ibu Sartini. Beliau Ibu Sartini penerus usaha keluarga setelah Bapak Abdul Rahmat meninggal. Abon Gajah Mas memproduksi abon sapi dan abon ayam dengan varian rasa abon manis dan pedas. Abon Gajah Mas memiliki merk dagang sebanyak 30 jenis dengan brand yang bagus. Jenis abon tersebut di antaranya abon asli, super, istimewa, super raos, abon gajah inggil, sapi super, A1, dan sebagainya yang sudah mempunyai legalitas dengan izin INB, NIRT dan Halal.

Abon Gajah Mas setiap harinya melaksanakan kegiatan produksi abon dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB. Dari bahan baku 2 kwintal dapat menghasilkan 4/5 kwintal hasil produksinya. Bahan baku selain daging juga berasal dari kacang koro, bengok, kacang tanah, gula pasir, kelapa, bumbu-bumbu, rempah, miri, kayu manis, salam, dan laos. Sampai saat ini Abon Gajah Mas sudah berproduksi selama 55 tahun lebih. Banyak yang berkunjung baik dari TK, SD, sampai perguruan tinggi mendapat ilmu dan inspirasi untuk kiat-kiat suksesnya Ibu Sartini mengelola Abon Gajah Mas. Seperti halnya yang dilakukan Program Keahlian Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 Bawen, yang melakukan kunjungan industri. Hal ini bertujuan menimba ilmu, memperoleh inspirasi dan mengetahui budaya kerja yang ada di industri Abon Gajah Mas. Pada saat kegiatan kunjungan, materi disampaikan oleh Ibu Nisa, putri dari Ibu Sartini. Pada pemaparan materi beliau menjelaskan tentang visi misi perusahaan di mana tujuan awalnya untuk menghidupi keluarga. Seiring berjalannya waktu berkembang menjadi rumah produksi yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau peluang usaha. Sedangkan misinya adalah mengembangkan produksi dengan brand dan pengemasan yang bagus. Selain itu strategi paling penting adalah owner harus terlibat mulai perencanaan sampai pemasaran, tidak langsung dipercayakan kepada orang lain atau karyawan.

Kunci keberhasilan Abon Gajah Mas ialah doa dan yakin. Karena setiap yang dilakukan insya Allah akan mendatangkan hasil. Hal lainnya yaitu harus percaya diri, menjalin komunikasi dengan baik, tidak pernah pernah mengecewakan costumer, tidak malu meminta maaf jika ada salah, tidak pelit ilmu karena akan lebih bermanfaat sehingga berkah, mau menciptakan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Dalam perkembangan teknologi saat ini, Abon Gajah Mas juga menggunakan teknologi seperti website dan Instagram. Rata-rata reseller memasarkan produk abon melalui daring. Selain hal tersebut Abon Gajah Mas juga menerapkan analisa usaha yaitu dihitung mulai perencanaan bahan sampai dengan BEP.

 

Penulis : Zubaidah Gesit Cahyati, S.P., Guru SMKN 1 Bawen

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang