SLB N Ungaran Turut Berpartisipasi dalam Jateng Fair 2023

Jateng Fair merupakan pesta rakyat Jawa Tengah yang menjadi salah satu media untuk mempromosikan Provinsi Jawa Tengah meliputi bidang usaha perdagangan, perindustrian, kerajinan rakyat, pendidikan, dan pariwisata.  Jateng Fair Tahun 2023 diadakan mulai tanggal 30 Juni – 16 Juli 2023 di PRPP Semarang. Tema yang diangkat dalam acara Jateng Fair Tahun 2023 adalah “Inspiring Batik”. seperti yang kita ketahui, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of the oral and intangible herritage of humanity) sejak 2 Oktober 2009.

SLB Negeri Ungaran bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah turut menampilkan parade busana batik Tugaru. Nama batik Tugaru merupakan singkatan dari Tunagrahita dan Tunarungu yang merupakan isitlah peserta didik SLB Negeri Ungaran yang turut membuat batik tersebut. Batik tugaru memiliki corak khas SLB yaitu batik ciprat. Pada acara tersebut peserta didik dan guru turut memperagakan berbagai kreasi baju dari batik Tugaru pada tanggal 10 Juli kemarin. Dengan penampilan tersebut, diharapkan batik Tugaru SLB Negeri Ungaran dapat lebih dikenal di masyarakat luas. Acara ini juga menjadi ajang aktualisasi bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) SLB Negeri Ungaran bahwa di balik hambatan yang dimiliki, mereka juga memiliki kelebihan kemampuan dalam hal kreativitas membatik dan peragaan busana.

Selain batik Tugaru, SLB Negeri Ungaran juga memamerkan berbagai hasil kreativitas PDBK yang diikuti saat pelajaran keterampilan. Berbagai produk keterampilan tersebut dipamerkan pada stand yang didirikan dalam acara tersebut. Dengan adanya berbagai hasil kreativitas siswa tersebut, juga dapat memberikan gambaran mengenai program pendidikan di SLB yang mengedepankan keterampilan vokasi sebagai bekal peserta didik usai menyelesaikan pendidikan di SLB Negeri Ungaran.

Melalui kegiatan Jateng Fair 2023, diharapkan dapat memberi manfaat positif bagi bidang pendidikan di Provinsi Jawa Tengah dan sebagai hiburan yang memberi pengetahuan mengenai potensi yang ada di SLB Negeri Ungaran.

Penulis : Guru SLB Negeri Ungaran.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.