SMAHA Dampingi Goals Siswa melalui “My Life Proposal”

Siapa sih yang tidak ingin mencapai goals dalam hidup? Pastinya semua orang ingin mencapai hal tersebut. Namun, dalam mewujudkannya, pasti masih banyak orang yang bingung. Untuk itu, seseorang perlu membuat Life Proposal (proposal hidup) yang nantinya dijadikan acuan dalam mewujudkan goals yang dimiliknya.

Kamis, 20 Juli 2023, tim kesiswaan SMAHA mengadakan sosialisasi My Life Proposal. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan siswa SMAHA dalam membuat rencana dan target untuk meraih tujuan hidup. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XI pada pukul 07.30-09.00 dan siswa  kekas XII pada pukul 09.30-11.00 di ruang meeting.

Waka kesiswaan SMAHA sekaligus pemateri dalam kegiatan ini, Ibu Sri Widayati, S.Pd., mengajak siswa SMAHA untuk mulai merancang proposal hidup mulai sekarang. “Buatlah proposal hidup kalian yang berisi goals jangka pendek hingga goals jangka panjang. Tidak hanya disusun, Life Proposal tersebut harus kalian laksanakan. Sekolah siap membantu dan memfasilitasi kalian dalam pembuatan proposal hidup” tambah beliau. Ibu Sri Widayati menyampaikan Road Map to Life siswa SMAHA yang meliputi tahapan dalam pembuatan proposal hidup, kelas BK tentang karir, analisis lingkungan dan diskripsi hasil diskusi orang tua, serta find idol figure.

Kegiatan ini tidak hanya berhenti satu hari ini saja. Siswa ditargetkan untuk menyelesaikan My Life Proposal dalam waktu dua minggu ke depan. Proposal tersebut dibuat dalam bentuk buku dengan desain sesuai kreativitas siswa. Siswa juga wajib mempresentasikan propsoal tersebut kepada orang tua serta wali kelas/pendamping wali kelas. 

Siswa SMAHA sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. “Sebulan kemarin kita libur sudah dihujani dengan kebahagiaan. Kalau tidak bisa mengatur waktu, kita bisa terlena bahwa ada mimpi yang harus diraih. Melalui kegiatan ini, saya menjadi memiliki gambaran bagaimana cara menemukan jati diri dan menentukan tujuan hidup”, tutur Aisyah Muna K (XII MIPA 2).

Kegiatan ditutup dengan pemutaran kisah inspiratif dari Chairul Tanjung. “Kisah sukses mustahil tanpa sebuah usaha. Gagal itu biasa, menangis itu biasa, -Chairul Tanjung-).

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.