Gandeng Arhanud, Stemsa Gembleng Fisik & Mental Siswa

Pada tanggal 7 sampai dengan 9 Agustus 2023, SMK Negeri 1 Semarang mengadakan kegiatan Pendidikan Kesamaptaan P5BK. Selain untuk pengambilan nilai, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas X, mereka diharuskan mengikuti kegiatan P5BK atas seizin orang tua. Kegiatan Kesamaptaan dilaksanakan di lapangan upacara SMK Negeri 1 Semarang dengan arahan oleh TNI dari Yon Arhanud 15 Semarang. Hari pertama, seluruh siswa memakai pakaian hitam. Dalam kegiatan ini, telepon seluler seluruh siswa harus dikumpulkan dengan tujuan agar mereka fokus mengikuti kegiatan Kesamaptaan. Hal ini juga untuk melatih kedisiplinan siswa dan sejenak rehat dari aktivitas yang melibatkan telepon seluler mereka. Sembari kegiatan pengumpulan telepon seluler, siswa harus mengisi presensi sebagai tanda bukti bahwa telah mengikuti kegiatan Kesamaptaan. Presensi dilakukan dua kali, pagi saat pengumpulan telepon seluler dan siang setelah kegiatan selesai sembari pengambilan telepon seluler yang dikumpulkan di pagi hari oleh masing-masing wali kelas.

Kegiatan jam pertama yaitu senam pagi, agar badan tidak kaku untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya. Dari gerakan leher, tangan, pinggang, dan kaki semua dilakukan untuk menyehatkan badan. Seluruh siswa yang mengikuti Kesamaptaan begitu semangat, meski cuaca sangat cerah dan membuat rasa haus menyerang. Setelah selesai kegiatan senam pagi, para TNI mengajarkan bagaimana cara melakukan PBB atau Peraturan Baris Berbaris yang benar. Di hari pertama diajarkan PBB dasar seperti hadap kanan/kiri, balik kanan dan juga penghormatan. Jika terdapat siswa yang salah gerakan maka akan diberi tahu dan dilatih sampai bisa melakukan gerakan dengan benar. Siswa diberi waktu istirahat sekitar 20 menit, setelah waktu istirahat selesai, semua siswa diberi materi tentang Wawasan Kebangsaan. Hari kedua Kesamaptaan P5BK, masih dengan TNI dari Yon Arhanud 15 Semarang. Hari kedua kegiatannya tidak jauh berbeda dari hari pertama. Yakni menyanyi lagu yang dimodifikasi, senam pagi, PBB, dan juga materi kedisiplinan. PBB hari kedua terdapat tambahan materi, yaitu maju jalan dan langkah tegap. Sebelum itu gerakan PBB yang kemarin diteskan kembali, menguji apakah seluruh siswa masih mengingatnya atau tidak. Jika melakukan kesalahan pada saat PBB, maka Bapak TNI tidak segan-segan untuk memberikan hukuman push up sebanyak 10 kali. Tujuannya agar kedisiplinan para siswa semakin terbentuk.

Materi hari ketiga tidak jauh berbeda dari dua hari sebelumnya, senam pagi, PBB dan permainan outbond yang didampingi pula oleh siswa OSIS dan PMR. Di hari terakhir Pendidikan Kesamaptaan kegiatannya yakni senam pagi, tes fisik dan juga PBB. Gerakan-gerakan yang telah diajarkan selama 2 hari akan ditampilkan dan seluruh siswa pun mampu untuk menghafal semua yel-yel maupun gerakan yang telah diajarkan. Seluruh siswa SMK Negeri 1 Semarang mengucapkan terima kasih kepada Bapak-Bapak TNI dari Yon Arhanud 15 Semarang yang telah membersamai seluruh siswa kelas X selama tiga hari. Diharapkan kegiatan Pendidikan Kesamaptaan P5BK dapat meningkatkan rasa semangat seluruh siswa untuk terus berkembang, juga meningkatkan kedisiplinan yang kuat dan rasa tanggung jawab yang besar.

 

Penulis : Arizki, Humas SMKN 1 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.,Guru SMKN 1 Bawen