Aksi Nyata Menggerakkan Literasi dan Numerasi dalam In House Training (IHT)  SD Sembungharjo 1 Semarang

Merujuk pada Surat Permohonan Nara Sumber Workhop Numerasi dan  Literasi Informasi dalam mendukung Budaya Membaca dan Menulis yang terkemas dengan acara In House Training, Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dan evaluasi rapor pendidikan SDN Sembungharjo 1 Kota Semarang Tahun 2023 dalam meningkatkan Literasi dan Numerasi di satuan Pendidikan.

Acara yang berlangsung selama 2 hari yaitu hari senin dan selasa  tanggal 21 sd 22 Agustus 2023 bertempat di SDN Sembungharjo 01 Kecamatan Genuk Kota Semarang mulai pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB, dengan naras umber Guru Penggerak Kota Semarang Angkatan 4 Sulistyorini,S.Pd dan Guru Penggerak 7  Kota Semarang Ice Faulia,S.Pd,M.Si.

Materi yang disampaikan a[ada acara tersebut antaralain: tentang Literasi mencakup 4 pilar literasi digital yaitu  Keamanan berliterasi, Budaya Bermedia Diogital, Etika dan Cakap Bermedia Digital, Budaya bermedia digital.

Adapun materi tentang Literasi dan Numerasi yang merujuk pada paparan bersumber dari materi Tim fasilitator BBPPMPV Seni Budaya yang secara garis besar terdiri dari Konsep Dasar literasi dan Numerasi, Literasi dan  Numerasi dalam Kebijakan Pendidikan, Konsep Literasi digital, Belajar id. Dan PMM sebagai ekosistem digital untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi serta Praktik peneraapan literasi digital dalam pembelajaran.

Dalam acara tersebut nara sumber memberikan materi tips dan trik membuat karya sastra seperti cerpen, puisi, pantun ataupun cara membuat antologi hasil tulisan siswa, dan diakhir acara mewajibkan peserta workshop untuk mengisi PMM dengan topik Literasi dan Numerasi sebagai output program IHT/workdhop ini. Guru guru dan Kepala SDN 1 Sembunh Harjo, Sulasmi, S.Pd,SD. menyambut baik dan antusias serta didukung guru guru yang bersemangat untuk menebarkan virus literasi di lingkup satuan pendidikan dan sekitarnya.

 

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)