Kuatkan Karakter Siswa melalui PTA 

Gerakan pramuka merupakan salah satu wadah kegiatan ekstra wajib yang menjadikan anggotanya memiliki kepribadian, karakter, dan kemandirian yang tinggi untuk menyiapkan diri dalam hidup bermasyarakat. Salah satu kegiatan bagi calon penegak yaitu perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan. 

Perkemahan PTA (Penerimaan Tamu Ambalan) merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan SMA Islam Hidayatullah (SMAHA), yang wajib diikuti oleh segenap peserta didik, khususnya kelas X. Tahun ini, kemah PTA dilaksanakan di Promas Greenland, Nglimut, Kabupaten Kendal, pada Jumat-Sabtu (1-2) September 2023. 

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di sekolah yang diikuti oleh seluruh peserta kemah dan dihadiri oleh kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd. Saat menyampaikan sambutannya, beliau mengimbau kepada peserta PTA untuk selalu menjaga norma dan etika selama pelaksanaan PTA. “Anak-anak, dalam kesempatan yang sangat baik ini, tanamkanlah jiwa pramuka dalam diri kalian. Jadikanlah diri kalian pribadi yang tangguh, mandiri, serta memiliki rasa empati yang tinggi. Semoga melalui kegiatan PTA ini kalian bisa mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman dalam berorganisasi”, tambah Bu Etik.

Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan ishoma, pemaparan materi, serta perjalanan menuju lokasi perkemahan. Sesampainya di sana, siswa mendirikan tenda, sholat ashar, fun game, bersih diri, ishoma, dan persiapan api unggun. Suasana yang semula dingin menjadi terasa hangat karena kebersamaan yang terbentuk. Seluruh peserta kemah membentuk barisan melingkari api unggun. Suasana khidmat tercipta saat petugas membacakan Dasa Darma Pramuka. Setelah itu, kegiatan diisi dengan pensi. Sebanyak 16 sangga menampilkan perform terbaiknya. Ada yang menampilkan mini drama, membaca puisi, hingga tari kreasi. Di sepertiga malam, seluruh peserta kemah melaksanakan qiyamul lail.

Pagi harinya, kegiatan dilanjutkan dengan senam, sarapan bersama, wide game, serta upacara penutupan. “Kegiatan kemah PTA ini cukup melelahkan. Meski begitu, saya sangat senang karena melalui kemah ini saya banyak belajar, seperti memasang tenda, belajar cara menangani teman yang sakit, belajar hidup mandiri, dan masih banyak lagi”, tutur salah satu peserta PTA, Aisyah Ayuning X-4.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.