Integritas Warga SMAPA dalam Puncak Projek Suara Demokrasi : PEMILOS

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 4 Semarang dengan tema Suara Demokrasi telah melangsungkan puncaknya pada Kamis, 5 Oktober 2023. Puncak dari projek ini dilaksanakan dengan rupa pemilihan ketua OSIS periode 2023/2024 yang berlangsung dengan melibatkan seluruh warga sekolah, yaitu siswa-siswi dari seluruh angkatan, guru, bahkan karyawan. Dalam kesempatan ini, SMA Negeri 4 Semarang telah berhasil menunjukkan performa yang maksimal dalam berdemokrasi, salah satunya adalah dengan berperan serta secara aktif dan bertanggungjawab dalam pemilihan pemimpin di masyarakat.

Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS dilaksanakan di seluruh ruang kelas X dan XI sebagai TPS (Tempat Pemungutan Suara) tanpa terkecuali dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang diperani oleh siswa-siswi sebagai panitianya. Acara ini sendiri dimulai sejak pukul 07.00 dengan melaksanakan sumpah janji KPPS agar acara dapat berlangsung netral, jujur, dan adil. Setelah itu, dilaksanakan pemilihan ketua OSIS oleh tiap warga sekolah.dengan mengutamakan penerapan asas pemilihan umum. Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS diakhiri pada pukul 10.00 dan dilanjutkan dengan penghitungan jumlah suara dari masing-masing TPS oleh KPPS serta jumlah suara dari seluruh TPS dari KPU.

Penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU dilaksanakan di aula secara transparan. Menurut perhitungan tersebut, pemilihan ketua OSIS dipimpin oleh kandidat ketiga, yaitu Alishya Maharani Adiar Putri dengan 403 jumlah suara. Hal ini diikuti oleh kandidat kedua, Bindy Tsalitsa Salsabila dengan 349 jumlah suara, kandidat keempat, Raffanata Egbert Mahardika dengan 346 jumlah suara, dan kandidat pertama, Aliffiya Gadiza Ramadhania dengan 52 jumlah suara. Dengan jumlah suara yang sengit antarkandidat, dapat dikonklusikan bahwa Alishya Maharani Adiar Putri secara resmi telah menjadi ketua OSIS periode 2023/2024.

“Kegiatan pemilihan OSIS ini bertujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada peserta didik dalam rangka penerapan Profil Pelajar Pancasila. Harapan dari kegiatan pemilihan OSIS tahun ini adalah untuk menjaring kepemimpinan dari peserta didik dan menyiapkan pemimpin dari peserta didik untuk menjadi ketua OSIS di tahun 2023/2024.

Penulis : Tim Humas SMA Negeri 4 Semarang