SMKN 4 Semarang adakan Workshop Pengembangan GTK Bersama BBPPMPV Seni Budaya dan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah 1 Provinsi Jawa Tengah

Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang jalan Pandanaran 2 Nomer 7 Kota Semarang Hari Selasa tanggal 3 Oktober 2023 pukul 08.00 sampai dengan 13.00. Dalam kegiatan Workshop yang termasuk program kegiatan SMK PK Reguler lanjutan 2023 ini mengundang narasumber dari BBPPMPV Seni Budaya Yogyakarta dalam hal ini sebagai nara sumber adalah Janu Riyanto,S.Sos,.M.Sn Widyaswara Ahli Mud dan Drs Siswanto,M.Si. Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah 1 Propinsi Jawa Tengah.

Narasumber dari BBPPMPV SeniBudaya Janu Riyanto,S.Sos.Sn. materi berfokus pada kapabilitas yaitu kemampuan seseorang atau kelompok untuk melakukan tugas atau pekerjaan terentu dengan baik Tentu saja visi, misi sekolah dijadikan sebgaai acuan dalam perencanaan pelaksnaan dan evaluasi kinerja sekolah. Materi lain yang terkait dalam peningkatan Kapabilitas GTK berlaku juga dalam penyelesaian tugas baik kerja tim maupun individu didalam satuan pendidikan. Materi dari workshop ini antaralain membahas Prinsip pembelajaran, Prinsip Asesmen, Pembelajaran berdiferensiasi, Strategi komunikasi.

Komunikasi dipandang sebagai komponen penting dalam peningkatan kapabilitas GTK hal ini bertujuan meningkatkan efektifitas proses komunikasi, menguruangi potensi hambatan komunikasi, ketepatan target komunikasi, sasaran serta efek yang ingin ditimbulkan serta feedback yang diharapkan.

Dalam Kesempatan ini Drs.Siswanto,M.Si sebagai narasumber dari Cabdindikwil 1 membahasa tentang pencapaian visi misi sekolah, danlebih menekankan pada kemampuan kritis yang akan dicapai siswa serta memotivasi guru agar terus melaksanakan pembelajarn yang berpihak pada siswa dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si sebagai Kepala SMKN 4 Semarang juga memaparkan presentasi tentang Kapabilitas GTK di satuan pendidikan dan tupoksi setiap guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan Visi Misi SMKN 4 Semarang dan road map SMKN 4 Semarang.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom