SMKN 4 Semarang Adakan Workshop Pembelajaran di Sekolah Bersama BBPPMPV Seni Budaya

Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang pada Selasa tanggal 24 Oktober 2023 pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB, dengan Nara Sumber Drs. Heri Yonathan Susanto,M.Sn selaku Widyaswara BBPPMPV Seni Budaya yang bertugas melakukan tugas pendampingan dan pembinaan  di wilayah Jawa tengah khususnya.

Acara yang diikutioleh 80 guru SMKN 4 Semarang dari 7 program keahlian  membahas tentang perubahan belajar siswa dengan menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran yang saat ini menjadi salahsatu media teknologi yang banyak digunakan dalam mengakses informasi pendidikan.

Membahas tentang perubahan kurikulum yang berjalan menyesuaikan kodrat alam dan kodrat zaman, mengutip dari  kalimat Gail Sheehy yang menyatakan bahwa “ jika kita tidak berubah, kita tidak bertumbuh maka kita tidak benar-benar hidup” . Hal itu selaras dengan perubahan kurikulum saat ini berpedoman pada Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen  berisi Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik.

Dengan menitik beratkan BMW sebagai Tujuan pendidikan vokasi diharapkan SMK ammpu memfasilitasi minat, bakat dan passion siswa,  sangat perlu membawa mindset profesionalitas karakter dan  proyek ke dalam pembelajaran sehingga membawa industry ke sekolah dengan menetapkan perubahan sikap atau tata lau, projek base learning dalam pembelajaran. Dengan selalu melakukan Link and match dengan indsutri secara berkelanjutan akan membuang bias kesenjangan antara sekolah dengan dunia.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)

Editor : Nenden Oktafia, S. Kom