Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di SMKN 6 Semarang

Semarang,24 Agustus 2023. SMKN 6 Semarang mengadakan kegiatan ‘Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS)’.Karena maraknya makanan dan minuman yang kurang sehat dan higienis  diperjualbelikan secara bebas. Kegiatan ini diselenggaran oleh TIM Keamanan Pangan Sekolah ( TKPS ) SMKN  6  bekerja sama dengan BPOM Semarang.bertempat diruang Meeting room dan acara dimulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.Kegiatan ini diikuti oleh 50 perwakilan  siswa , perwakilan guru dan petugas kantin yang nantinya diharapkan menjadi kader PJAS disekolah.

Tujuan sosialisasi ini adalah mengedukasi komunitas sekolah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga keamanan dan kualitas makanan yang dikonsumsi dilingkungan sekolah.. Pengenalan terkait bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada  jajanan anak sekolah yang dikonsumsi setiap hari,Cara  memilih pangan jajanan yang aman , dengan cara cek 5 Kunci Keamanan Pangan yaitu CEK KLIK ( Cek Kemasan, Label, Izin edar,dan Kadaluwarsa )

Pelaksanaan dan respon peserta sangat baik dan antusias terutama pada saat praktik CEK KLIK kandungan makanan atau minuman yang melibatkan interaksi dua arah antara TIM KPS dan siswa untuk bertanya jawab tentang berbagai zat-zat yang terkandung dalam makanan yang sehat, dan makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi.

Kepala SMKN 6 Semarang,Ibu Dra.Almiati,M.Si, menyampaikan harapannya agar dapat mengoptimalkan peran TIM PKS,guru,dan kader siswa  untuk mengajak seluruh komunitas sekolah dalam membudayakan praktik keamanan pangan sekolah demi masa depan generasi muda yang lebih sehat,unggul dan berdaya saing.

Melalui kegiatan ini diharapkan guru ,siswa, dan komunitas sekolah dapat menerima akses informasi keamanan pangan yang valid dan selanjutnya peserta dapat meneruskan informasi seputar keamanan pangan dilingkungan sekitarnya baik di sekolah , keluarga dan masyarakat sekitar. Konsumsi pangan aman akan menghasilkan generasi muda yang sehat dan sukses.

Penulis : Siti Markamah,SPd ,Guru SMKN 6 Semarang