Festaone, Unjuk Kreatitas Siswa SMA Sultan Agung 1 Semarang

Semarang: SMA Sultan Agung 1 Semarang menyelenggarakan “ Festaone” wujud dari profil pelajar pancasila melalui pengembangan karakter dan kompetensi para siswa. Kegiatan yang bertemakan “Worderfull Sulaone” itu menampilkan 1000 puisi, lomba berbalas pantun, kesenian kethoprak daerah serta fashion show pakaian adat Indonesia.

Kepala Sekolah SMA Sultan Agung 1, Dra Siti Mubarokatut Darojati MSi mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan. Yaitu sumpah pemuda, bulan bahasa, Hari santri 2023 dan Launching PPDB 2024/2025 yang dikemas menjadi Festaone.

“Kita menampilkan kegiatan dengan megah agar anak-anak ini menyenangi bahasa kita sendiri. Karena ini project profil pelajar pancasila, kita ingin anak-anak suka dan menyenagi untuk  melestarikan budaya,” katanya, Selasa (31/10/2023).

Diungkapkannya, kegiatan kali ini juga dilakukan launching PPDB 2024/2025 agar masyarakat Kota Semarang mengetahui keungulan dari SMA Sultan Agung 1 Semarang.

“Kami menawarkan keunggulan dari sekolah yang memiliki ciri khusus, tidak hanya pelajaran umum. Akan tetapi kita menerapkan Islam, Iman, Ibadah merupakan hal yang utama membekali anak-anak agar orang tua merasa aman dan nyaman dengan pergaulan putra-putrinya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Pendidikan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang, Drs Suyatmo MPd berharap melalui kegiatan ini siswa-siswi SMA Sultan Agung 1 memahami sejarah Bahasa, Sumpah Pemuda dan sejarah Hari Santri.

“Sehingga anak-anak kita faham tentang bahasa yang menentukan arah bangsa, faham semangat sumpah pemuda pada waktu itu. Termasuk faham sejarah hari Santri,” tuturnya.

Pengetahuan para pelajar tentang bahasa, lanjutnya, sumpah pemuda dan hari santri semua sudah diajarkan di kelas. Terkait dengan Kurikulum Merdeka, pihak sekolah sudah memberikan edukasi melalui pembelajaran dengan praktek secara langsung

“Pemahaman anak-anak sudah bagus, maka kita motivasi untuk implementasinya yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sumber : klik disini