SMK Negeri 10 Semarang Antusias Sambut Pendampingan Pemanfaatan Rapor Pendidikan melalui PBD

Dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan pendidikan, SMK Negeri 10 Semarang turut serta dalam kegiatan Pendampingan Pemanfaatan Rapor Pendidikan melalui Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 13 November 2023, di ruang meeting SMK Negeri 3 Semarang, dimulai pukul 09.30 dan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dengan sasaran utama untuk memberikan pendampingan kepada satuan pendidikan yang belum mengakses dan memanfaatkan Rapor Pendidikan 2.0 dalam Perencanaan Berbasis Data (PBD). Narasumber pada kegiatan ini adalah Ahmad Fadilah dan Halim Priantoro dari Direktorat SMK.

Tujuan Pendampingan Perencanaan Berbasis Data melalui Pemanfaatan Rapor Pendidikan SMK adalah 1. Membangun kesadaran pentingnya Rapor Pendidikan sebagai sumber utama acuan perencanaan dan penganggaran di Satuan Pendidikan; 2. Menginformasikan fitur-fitur dalam platform Rapor Pendidikan versi 2.0 serta analisis data Rapor Pendidikan dalam rangka Perencanaan Berbasis Data; 3. Mendorong peningkatan akses Rapor Pendidikan, Eksplorasi, dan implementasi Perencanaan Berbasis Data

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini mencakup tiga aspek penting. Pertama, cara mengakses rapor pendidikan dengan menggunakan akun belajar.id. Ini dianggap sebagai langkah awal yang krusial dalam mengintegrasikan teknologi dalam sistem pendidikan. Kedua, pembahasan tentang konsep Perencanaan Berbasis Data menjadi pusat perhatian. Peserta kegiatan, termasuk perwakilan dari SMK Negeri 10, diberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya menggunakan data untuk merencanakan program pendidikan dengan lebih efektif. Terakhir, materi ketiga mengenai Product Knowledge Rapor Pendidikan. Tiga alur utama platform Rapor Satuan Pendidikan versi 2.0  adalah mengakses, mengeksplorasi dasbor, dan mengunduh laporan

Satuan Pendidikan memberikan wawasan praktis tentang bagaimana memanfaatkan rapor pendidikan dalam perencanaan harian dan jangka panjang. Semoga, hasil dari pendampingan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan perencanaan berbasis data di tingkat SMK.

Penulis : Anis Indri Hastuti, S.Pd , Guru Matematika SMKN 10 Semarang

Editor  : Humas SMKN 10 Semarang