Kegiatan Koordinasi Pengembangan Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023

Semarang, 22 November 2023 – Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menggelar kegiatan evaluasi pelaksanaan Program SMK Pusat Keunggulan (PK) Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung mulai Senin hingga Rabu, 20-22 November 2023, di Harris Hotel Sentraland Semarang, Jl. Ki Mangunsarkoso No. 36, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dalam laporan pelaksanaan yang disampaikan, Ibu Pipin Nugraheni, Koordinator Pokja Transformasi SMK PK, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi progres pengembangan SMK PK, mempercepat pembangunan sarana dan prasarana, serta memberikan pendampingan dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul. Ibu Pipin Nugraheni juga menekankan bahwa output dari kegiatan ini adalah SMK dapat memenuhi kelengkapan administrasi pelaporan dan mempercepat penyelesaian termin kedua.

Selain itu, dalam sambutannya, Direktur PSMK, Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd, menyatakan bahwa SMK PK merupakan perwujudan pengembangan SDM Vokasi sesuai dengan visi Presiden. Program SMK PK diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas SMK di Indonesia.

Bapak Direktur SMK juga memberikan arahan kepada sekolah penerima bantuan SMK PK agar segera mengajukan pelaporan dalam tiga tahap, yaitu 0%, 50%, dan 100%. Langkah ini dianggap penting guna memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin mengucapkan terima kasih kepada Pokja Transformasi SMK PK atas fasilitasi pendampingan sehingga progres bantuan SMK PK di SMKN 10 Semarang berjalan sesuai regulasi dan bisa tepat waktu.

Acara kegiatan Koordinasi Pengembangan SMK melalui Program SMK Pusat Keunggulan dan Percepatan Pelaksanaan Program SMK Pusat Keunggulan Tahun Anggaran 2023 membantu SMK Penerima bantuan PK untuk berkonsultasi dengan fasilitator agar laporan pelaksanaan 50% segera terealisir.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang