SMK Pusat Keunggulan Wujudkan Sekolah Mandiri dan Berprestasi, Pembelajaran  Berbasis Dunia Kerja

Penghujung 2023 merupakan masa dimana kegiatan SMK Pusat Keunggulan baik skema reguler  maupun skema pemadanan akan segera berakhir, perjalanan panjang yang diawali dengan sosialisasi  program SMK Pusat Keunggulan pemadanan dukungan lanjutan tahap 3 tahun 2023 pada tanggal 7 september, pukul 14.00 WIB yang diselenggarakan daring via Meeting ID dan Passcode dengan diikuti sekolah Se Indonesia. Setelah sosialisasi tersebut akhirnya diterbitkanlah Surat Keputusan SMK yang mendapat bantuan menjadi SMK Pusat Keunggulan Tahun Anggaran 2023.

Bertempat di Hotel Haris Semarang tanggal 20 sampai dengan  22 November 2023 terselenggara Kegiatan Koordinasi Pengembangan SMK melalui Program SMK Pusat Keunggulan dan Percepatan Pelaksanaan  Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023. Acara yang diikuti oleh seluruh SMK penerima dana SMK Pusat Keunggulan sebanyak 134 Sekolah Pusat Keunggulan  yang berada di Region Jawa tengah, guna percepatan capaian SMK Pusat Keunggulan.

Peluncuran Program SMK Pusat Keunggulan diharapkan semakin berdampak pada perekonomian nasional dan program ini direspon positif oleh mitra industri. Pada Tahun 2022  terdapat 1401 SMK telah melaksanakan SMK PK dan meningkat 9,18 % dari tahun 2021

Tujuan diadakannya program SMK Pusat Keunggulan adalah mewujudkan transformasi SMK sehingga sekolah memiliki kinerja dan kualitas yang optimal melalui kemitraan dan penyelarasan yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia usaha dan dunia industri serta dunia kerja, hal ini akan berdampak adanya apresiasi masyarakat terhadap lulusan SMK. Selain itu Program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadikan SMK penerima bantuan dapat menjadi branchmarking dan mengimbaskan hal posistif kepada SMK sekitar.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom