Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Liveworksheets

Masalah dalam pembelajaran yang paling sering dijumpai Guru adalah rendahnya motivasi belajar Siswa. Apalagi pada mapel tertentu, misal Matematika dan Bahasa Inggris, selain karena kedua pelajaran tersebut pada umumnya sudah menjadi momok bagi sebagian besar Siswa. Bila dicari akar masalah rendahnya motivasi belajar Siswa, salah satunya adalah rasa bosan/jenuh Siswa dengan kegiatan belajar yang monoton dan kurang menarik bagi mereka.

Demi memudahkan, memperjelas serta efektifitas sebuah proses pembelajaran maka Guru harus mampu memilih media yang tepat. Dasar pertimbangan untuk memilih media sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu apakah media tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak. Seperti yang dikatakan oleh Mc.Cornnel (1974),  “If The Media Fits, Use It”, jika media pembelajaran itu sesuai, ya gunakan saja.

http://liveworksheets.com/ adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat materi dan Lembar Kerja Siswa interaktif secara online. Dengan Live Worksheet, tampilan lembar kerja Siswa (LKS) akan menjadi menarik dan interaktif, seolah-seolah Siswa sedang bermain game. Dengan Live Worksheet, Guru dapat menampilkan materi berupa video, audio gambar, serta simbol-simbol menarik lainnya yang dapat menambah daya tarik. Guru dapat membuat LKS interaktif pada Live Worksheet dengan bentuk pertanyaan bervariatif.  Bentuk pertanyaan dapat berupa pilihan ganda dengan bentuk drop down, kotak centang, menjodohkan dengan menarik garis, pertanyaan bentuk drag and drop, membuat pertanyaan produktif, terbuka, dan bentuk lain sesuai kebutuhan dan keinginan.  Bahkan, Guru juga dapat memanfaatkan Live Worksheet yang sudah tersedia dari berbagai mata pelajaran. Selain mudah dibuat, LKS yang ditampilkan melalui Live Worksheet dapat disertai dengan kunci jawaban. Siswa dapat langsung memeriksa pekerjaan setelah menyelesaikannya. Untuk pertanyaan tertutup, nilai akan muncul otomatis setelah Siswa selesai mengerjakan.

Di SMK Negeri 10 Semarang sendiri, pengenalan liveworksheets.com pernah dilakukan dan dilatih langsung pada masa pandemi tahun 2020 oleh Bapak Memed Wachianto, S.Pd., seorang Guru senior yang sangat menguasai inovasi-inovasi Teknologi Informasi dalam pembelajaran. Penulis sendiri sering menggunakan liveworksheet.com sebagai media latihan Siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan alasan utama: (1) bentuk lembar kerjanya yang sangat bervariasi, (2) bisa muncul/tampil nilai secara langsung setelah jawaban dikumpulkan, dan (3) Siswa bisa mengulangi mengerjakan dari awal lagi untuk memperbaiki nilai, sekaligus pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.

Siswa juga menyatakan sangat senang dengan penggunaan Live Worksheet untuk pemberian tugas. Seorang Siswa kelas X RPL 1, Lutfiah Nur Azizah, menyampaikan “Menurut saya, penguasaan/latihan bahasa Inggris dengan menggunakan http://liveworksheets.com sangat memudahkan Siswa dalam mengerjakan dengan mengetik dibandingkan dengan menulis dibuku tulis dan lebih baiknya lagi bisa mengulang dalam mengerjakan dan kita langsung tau nilai yang kita dapatkan.”

Hal ini membuktikan bahwa tugas dapat menarik perhatian dan minat Siswa bila diolah dan disajikan dengan cara yang berbeda. Pemanfaatan teknologi membuat tugas tidak membosankan saat dikerjakan. Dampak terbesar adalah Siswa menjadi bersemangat saat belajar.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Suhermawan, S.Pd., Guru Mapel Bahasa Inggris

Editor: Tim Humas