Pemanfaatan Sway Dalam PJJ Fisika

Pandemi Covid-19 saat ini merupakan ancaman kesehatan berskala global dengan kasus terkonfirmasi dan angka kematian yang cukup tinggi. Penyebaran virus Corona dapat terjadi melalui kontak antara satu individu dengan individu lainnya sehingga banyak negara di dunia yang meminta warganya untuk melakukan physical distancing untuk menghambat penyebaran Covid-19. Dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona, Kemendikbud menerapkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PJJ memungkinkan suatu kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan media online.

Media adalah alat atau sarana untuk menyalurkan informasi dari pemberi pesan kepada penerima pesan. Dalam hal media pembelajaran, informasi yang disalurkan berupa pelajaran yang disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik. Miarso (2004) mengungkapkan bahwa “Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali.”

Karena PJJ maka penggunaan media pembelajaran berbasis awan atau cloud sangat tepat. Sway adalah fitur Office 365 yang digunakan untuk presentasi. Sway dapat mengkombinasikan teks dan media lainnya seperti gambar, video dan audio untuk menciptakan website yang dapat digunakan untuk presentasi. Sway dapat menggantikan penggunaan aplikasi PowerPoint. Hal tersebut di karenakan Sway memiliki fungsi untuk menampilkan konten dengan cara lebih modern. Pengguna tidak perlu memiliki basic programming untuk dapat mengaplikasikan Sway.

Keunggulan yang di miliki Sway selain dengan aplikasi lainnya adalah Sway adalah aplikasi berbasis awan, dimana konten terhubung langsung dengan perangkat atau jejaring sosial yang di perlukan, selain itu Sway dapat memuat konten yang di dapat dari berbagai jejaring sosial yang ada seperti Facebook, YouTube dan jejaring sosial lainnya. Selain itu, Sway juga dapat di akses menggunakan berbagai jenis perangkat yang berbeda dalam satu waktu yang sama sehingga, dengan menggunakan Microsoft Sway memungkinkan siswa belajar dengan cara kolaborasi.

Pembelajaran Jarak Jauh mata pelajaran Fisika di SMAN 10 Semarang pada materi Titik Berat Keseimbangan Benda Tegar disampaikan dengan aplikasi Sway. Langkah yang dilakukan adalah guru mengawali dengan merancang alur pembelajaran (story line) dengan beberapa tamplate yang berisikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, video materi,  latihan soal atau Power Point Record, dan penilaian (Form). Setelah alur dibuat,  tampilan alur dapat diatur pada desain Sway.  Semua komponen dibuat dalam satu link sway. Guru membagi tautan Sway dalam kelas maya yang sudah dibuat terlebih dahulu. Jika materi berisi praktikum dapat disematkan website yang sesuai pada Sway.

Ummi Rohmah, S.Pd, Guru SMAN 10 Semarang