Penggunaan Smartphone Untuk Memahami Materi PAN Informatika

Smartphone merupakan alat komunikasi yang pada saat ini tidak dapat jauh dari seseorang dan semua kalangan usia menggunakannya. Seseorang menggunakannya untuk berbagai jenis aktivitas online seperti komunikasi, mengerjakan pekerjaan bahkan sebagai media hiburan. Smartphone merupakan perangkat yang berfungsi sebagai pengolah data, penyimpan data, pemindah data dan sebagai operasi kontrol. Smartphone mempunyai banyak fitur digunakan untuk menjalankan berbagai aktifitas yang dibutuhkan seseorang.

Salah satu fitur yang ada di dalam smartphone adalah bluetooth. Bluetooth merupakan standar koneksi PAN (Personal Area Network) berbasis aturan IEEE 802.15 yang dapat beroperasi meskipun terhalang objek lain. Pada pembelajaran Informatika, siswa kelas X melakukan kegiatan pengamatan terkait dengan materi jenis jaringan berdasarkan areanya. Siswa mempraktekkan mentransfer file menggunakan perangkat bluetooth. Dimulai dari langkah awal menyiapkan file berukuran 100MB, selanjutnya melakukan eksperimen dengan mentransfer file tersebut ke smartphone lain pada jarak 1m, 2m dan 3m. Kemudian siswa mencatat proses yang terjadi selama transfer data dan membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transmisi data berdasarkan jarak tersebut.

Melalui kegiatan eksperimen tersebut siswa dapat menyimpulkan bahwa semakin jauh jarak transfer file maka waktu yang dibutuhkan semakin lama. Dengan adanya kegiatan sederhana tersebut, siswa mampu memanfaatkan aplikasi smartphone dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran.

 

Penulis : Nazilatur Rohmiyati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang