Solusi Selesaikan Soal Di Saat Pandemi

Munculnya COVID-19 yang menurut World Health Organization (WHO) ditetapkan sebagai sebuah pandemi. , mengakibatkan semua aktifitas dibatasi termasuk kegiatan pembelajaran baik di tingkat SD, SMP, SMK/ SMA maupun perkuliyahan. Yang dilaksanakan melalui pembelajaran dari rumah, karena untuk membatasi penyebaran virus yang masif. Kebijakan pembelajaran dari rumah diterapkan sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 Tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran Secara Daring dan bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Hal ini banyak menimbulkan permasalahan di dunia pendidikan, diantaranya siswa merasa kesulitan menerima penyelesaian beberapa soal matematika yang seharusnya membutuhkan bimbingan guru secara langsung, karena minimnya kuota Internet atau tingkat trafik yang kurang lancar.

Sesuai RPP Esensial klas X, saya sebagai guru matematika di SMK Negeri 5 Semarang, pada materi awal mencantumkan Video pembelajaran Logaritma beserta cara penyelesaian soal-soal di Google Clasroom. Namun yang terjadi di Grop Whatshap kelas X DPIB 2 banyak siswa yang mengeluh sulitnya masuk di grop Google Clasroom, karena pertama; beban konektifitas yang terlalu tinggi, kedua ; minimnya kuota internet. Sehingga para siswa terhambat dalam menerima pembelajaran Daring Online, yang mana berdasarkan kesepakatan MGMP sekolah materi Logaritma beserta latihan soalnya diberikan di kelas X. Kebanyakan siswa memilih pembelajaran online di grop Whatshap, karena dirasa tidak terlalu banyak memakan Kuota dan konektifitas yang stabil.

Untuk mempermudah siswa menerima pembelajaran langkah-langkah penyelesaian soal logaritma, maka saya mencoba mengunggah video pembelajaran melalui Google Clasroom maupun Whatshap grop, Namun cara yang saya gunakan mengunggah video pada Whatshap berbeda dengan Google classroom. jika mengunggah di grop Whatshap tidak harus di upload di You tobe terlebih dahulu, yaitu dengan bantuan Stylus Pen yang bisa kita gunakan untuk menulis di layar HP android, dengan sekaligus, merekam menggunakan Screen recorder  yaitu dengan cara ; 1. Instal Screen Recorder di play store, 2. Buka soal logaritma. 3. Ambil Sty lus Pen, pilih tombol tulisan layar, 4. Pada menu screen recorder pilih tombol rekam layar, dalam hal ini kita mulai menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal logaritma dengan menuliskan di layar HP. 5. Setelah selesai menjelaskan, klik tombol Screen recorder pilih menu stop. 6. Dari hasil rekam layar langsung dishare ke grop Whatshap kelas .Sehingga siswa bisa dengan mudah membuka dan mengikuti langkah-langkah penyelesaian soal logaritma.

Akhirnya dengan cara pembelajaran online saya di atas bisa membuat siswa lebih paham menyelesaikan soal-soal logaritma, hal ini terlihat dari hasil Evaluasi kelas X DPIB 2 yang memuaskan melalui soal ulangan harian online yang saya buat pada Google Form.

Ety Sriyani, S.Pd

Guru Matematika SMKN 5 Semarang