Tetap Produktif di Masa Pandemi

COVID-19 belum usai, bagaimana cara agar tetap produktif dan kreatif di tengah pandemi? Meskipun kini telah ada kebijakan new normal, setiap orang tetap diwajibkan menjaga jarak dan mengikuti sejumlah protokol kesehatan. Masa pandemi COVID-19 tentu menjadi tantangan baru bagi setiap orang. Banyak hal yang harus diadaptasi untuk menyesuaikan diri dengan situasi. Tak dapat dipungkiri, pandemi ini telah mempengaruhi aktivitas banyak orang. Ada yang mendapatkan pengaruh positif maupun sebaliknya. Salah satu rintangan yang seringkali dihadapi adalah mencari cara agar tetap produktif dan kreatif di masa pandemi.

Pandemi global ini telah memporak-porandakan segala bidang dalam kehidupan, salah satunya bidang ekonomi. Banyak jenis pekerjaan atau profesi tertentu yang mengalami hal-hal tidak terduga, misalnya PHK karyawan di suatu perusahaan atau omset penjualan yang menurun drastis. Untuk itu, Anda memerlukan cara bekerja produktif di masa-masa pandemi sekarang ini.

Walaupun masih terdaftar sebagai karyawan di suatu perusahaan, waktu dan cara bekerja seseorang bisa saja berubah karena banyak juga orang yang bekerja dari rumah saja. Namun, bekerja sekaligus mengurusi rumah adalah hal yang tidak mudah. Walaupun bekerja dari rumah tetap harus bisa bekerja secara produktif dan kreatif.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika harus bekerja dari rumah, cara ini akan membuat kita tetap produktif dan bahagia walaupun harus banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Berikut ini cara untuk bekerja secara produktif dari rumah antara lain pertama Membuat Jadwal Harian. Buatlah jadwal secara harian yang bukan hanya berisi kapan saja waktu untuk menyelesaikan tugas kantor, tetapi jadwal tersebut berisi rincian utuh aktivitas. Dimulai dari bangun hingga tidur kembali di malam hari. Cara ini cukup efektif untuk membuat kesadaran lebih terlatih, dengan segala kegiatan yang dilakukan setiap hari.

Cara kedua adalah Mengingatkan Orang Rumah. Cara berikutnya yaitu dengan memberi penjelasan pada orang-orang di rumah bahwa saat ini Anda sedang bekerja dari rumah, sehingga membutuhkan ruang dan waktu yang khusus untuk fokus pada pekerjaan. Hal ini dilakukan supaya mereka tidak mengganggu Anda ketika Anda sedang fokus pada tugas kantor.

Jangan Banyak Menggunakan Handphone sebagai cara ketiga. Banyak melakukan aktivitas di rumah biasanya membuat kita tak lepas dari handphone. Bahkan di kantor pun membuka sosial media hingga e-commerce selalu menjadi godaan tersendiri, sehingga Anda sering mencuri waktu. Ketika bekerja dari rumah Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan handphone, karena Anda menjadi tidak disiplin dengan jam kerja Anda sendiri.

Tidak kalah penting juga cara keempat yaitu Membuat Ruang Kerja Khusus. Supaya cara bekerja Anda tetap nyaman, sebaiknya Anda membuat ruangan kerja secara khusus yang digunakan selama bekerja di rumah. Jangan menggunakan kasur sebagai media untuk bekerja, karena Anda akan lebih banyak mengantuk atau malas beraktivitas. Jika tak punya ruangan lebih di rumah, Anda bisa menaruh kursi dan meja di mana saja yang penting aman dan nyaman.

Cara kelima adalah Mengikuti Kelas atau Seminar Online. Apabila mulai merasa bosan ketika sedang tidak bekerja, maka bisa menambah kegiatan dari rumah dengan mengikuti kelas atau seminar online yang bermanfaat. Hal ini juga dapat meningkatkan skill dalam pekerjaan, sehingga nantinya makin mudah beradaptasi dengan cara kerja yang baru pasca pandemi.

Cara terakhir adalah Rutin Olahraga agar Tetap Bugar di Tengah Pandemi. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga menjadi prioritas yang harus dilakukan di tengah pandemik COVID-19. Membatasi aktivitas di luar rumah tentu menjadi hal yang membosankan. Hal ini dapat menjadi pemicu stress. Untuk mencegahnya, diperlukan beberapa aktivitas fisik, salah satunya adalah olahraga. Olahraga juga bisa membantu kamu meningkatkan imunitas dan menjaga kebugaran tubuh. Kita tak perlu melakukan olahraga berat dengan durasi yang lama. Hal yang terpenting adalah konsisten dalam melakukannya.

Cara-cara yang baru saja dibahas merupakan cara tepat yang bisa dilakukan untuk tetap bekerja produktif dari rumah. Cara tersebut juga akan membantu kita menjadi lebih disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan setiap harinya. Dan selalu ingat, #KitaJanganMenyerah!

Penulis: Nunung Fika Amalia, S.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang