Indahnya Bersabar Dalam Membimbing Siswa Menjelang Persiapan UKK

Mata pelajaran produktif adalah mata pelajaran yang inti dan baku yang harus dipersiapkan uji keterampilanya oleh Siswa sesuai kompetensi keahliannya,

TBSM adalah salah satu kompetensi keahlian dari tujuh kompetensi yang ada di SMK Negeri 10 Semarang. Menjelang detik detik Uji Kompetensi Kejuruan, semua Siswa mengalami kepanikan dalam pelaksanaan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Mulai bulan Januari 2023, semua Siswa kelas XII mempersiapkan materi Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) dengan sebaik baiknya, sehingga mau tidak mau suka tidak suka semua Guru Produktif Kompetensi Keahlian TBSM harus bersabar melayani dan membimbing Siswa diluar waktu belajar baik secara teori maupun praktek.

Industri mitra memegang peranan penting untuk menentukan kompeten dan tidaknya Siswa dalam mengikuti UKK, karena hasil UKK adalah sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Tulis Sekolah yang menentukan lulus dan tidaknya Siswa dalam proses pembelajaran selama 3 tahun di SMK Negeri 10 Semarang.

Bersabar dan bersabar adalah salah satu jalan untuk mendidik dan membimbing Siswa supaya terbentuk sikap dan mental layaknya seorang yang akan berkompetisi disebuah perusahaan atau industri dalam memperjuangkan nasibnya untuk diterima sebagai Karyawan. Berbagai macam cara diperagakan mulai dari metode tutor sebaya sampai diklat khusus berkelompok dan privat. Siswa adalah cikal bakal generasi penerus bangsa dimasa yang akan datang, marilah kita semua sebagai pendidik untuk membimbing dan membekali mereka dengan iklas dan kesabaran.

Ketrampilan pada Kompetensi TBSM secara materi sudah mereka miliki, hanya kesiapan mental dan budaya kerja industri yang perlu ditingkatkan karena pada UKK semua pekerjaan ketrampilan dibatasi dan target oleh waktu. Dengan demikian, kesabaran dalam membimbing Siswa benar benar dilakukan oleh seluruh Guru Produktif TBSM dalam menggunakan waktu yang Tepat, Cepat dan Akurat dalam pelaksanaan pekerjaan pelayanan dibidang jasa perbaikan Otomotif Sepeda Motor.   

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Joko Suwignyo, S.Pd., ST., Guru Produktif TBSM

Editor: Tim Humas