Media Pembelajaran Matematika Berkonsep Komik

Di tengah-tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, guru sebagai seorang pendidik sangat dituntut untuk selalu berinovasi. Jika tidak dilakukan, maka tentu saja seorang guru tidak akan lagi berperan bagi peserta didiknya. Komik, adalah sebuah media bacaan yang tidak luput dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Komik zaman sekarang sudah disajikan dalam bentuk digital. Sebut saja Webtoon, sebuah platform digital yang mengakomodasi hal tersebut. Dengan digitalisasi komik, maka tidak bisa dipungkiri, penikmatnya, yang sebagian besar anak muda sangat mudah mengaksesnya.

Peluang tersebut harus bisa ditangkap sebagai sebuah langkah inovasi pembelajaran, khususnya pada matematika. Media pembelajaran matematika yang berkonsep komik saat ini, masihlah jarang ditemukan. Ini bisa menjadi kesempatan emas bagi seorang guru untuk mulai membuatnya dan mengembangkannya. Selain sebagai aplikasi yang tidak berbayar, Canva adalah salah satu platform digital yang dapat memberikan solusi mudah bagi seorang guru untuk membuat media pembelajaran berkonsep komik. Kita dapat memanfaatkan fasilitas comic strip yang tersedia pada Canva. Membuat komik sudah bukanlah hal yang sulit lagi untuk dilakukan.

Pada hari Rabu, 10 Mei 2023 yang lalu, di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Ambarawa, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kabupaten Semarang telah melakukan kegiatan berupa bimbingan teknis (bimtek) pembelajaran kreatif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pembuatan komik pembelajaran matematika dengan Canva. Antusias sangat tampak dari para anggota MGMP Matematika Kabupaten Semarang dalam mengikuti kegiatan tersebut. Sebagian besar guru matematika sangat tertarik untuk berinovasi dalam pembelajarannya. Semoga kegiatan tersebut bermanfaat dan sangat membantu guru dalam mengembangkan potensi dirinya untuk menumbuhkan minat belajar matematika pada peserta didiknya melalui media pembelajaran berkonsep komik.

 

Penulis : Febrian Widiarto, S.Si., Guru SMAN 1 Pabelan

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang