Meningkatkan Potensi Siswa Melalui Produk Kreatif di jurusan Teknik Pengelasan

Tentu tidak asing dengan seorang tokoh yang luar biasa dan terkenal sebagai penemu lampu pijar. Dialah Thomas Alfa Edison, walaupun dimasa kecil guru-guru yang mengampu di sekolah-nya menganggap bahwa dia seorang yang bodoh. Walau dengan keterbatasan disisi lain ada potensi kreatif yang diketahui dengan ketertarikannya eksperimen terhadap kerja dari pemantik api walupun hampir mencelakai warga di kampungnya. Karena dengan keyakinannya tersebut dari tangan, mata, pikiran, dan ucapan ada kreatifitas yang dimiliki, kelak akan bermanfaat bagi masa depan-nya. Dan benar dengan hasil penemuannya itu membawa dampak bagi kemajuan teknologi diseluruh dunia.

Teknik Pengelasan merupakan salah satu kompetensi keahlian dimana para siswa-siswi-nya dapat kompeten dalam bidang Teknik Pengelasan sebagaimana tertuang dalam visi-misi jurusan Teknik Pengelasan. Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK-TP) dengan tujuan agar peserta didik dapat mengaktualisasikan diri dalam perilaku berwirausaha dan ide kreatif, terlebih lagi bagi siswa SMKN 10 Semarang yang diharapkan memiliki bekal keterampilan lebih nyata. Dengan demikian eksistensi para guru produktif diharapkan dapat membantu mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa-siswinya.

Untuk membantu agar siswa-siswi lebih kreatif dan kompeten maka diterapkannya praktik di workshop dengan membuat produk berbahan dasar besi/baja yang memiliki manfaat tentunya juga memiliki harga jual.

Beberapa produk yang telah dikerjakan yaitu:

  • Rak pot bunga
  • Rak sepatu
  • Meja las
  • Bike hanger (gantungan sepeda)
  • Gantungan helm, dan lain sebagainya.

Dari produk tersebut siswa-siswi tentunya selain mampu memproduksi,tentu juga harus dapat memasarkan produk kepada warga sekitar nantinya, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak positifnya. Para guru berharap kelak siswa-siswi SMKN 10 Semarang mampu bersaing dan mengembangkan teknologi sebagaimana Thomas Alfa Edison sesuai dengan kompetensi dan keahlian-nya masing-masing.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Agung Nuril Hijas, S.Pd., Guru Teknik Pengelasan

Editor: Tim Humas