Serunya Melakukan Refleksi Pembelajaran Bersama Rekan Guru

 

Refleksi pembelajaran merupakan proses berpikir kembali tentang apa yang telah terjadi dalam pembelajaran. Namun, hal ini kadang sering terlewat karena kesibukan tugas mengajar Bapak/Ibu Guru. Padahal, dengan melakukan refleksi pembelajaran dapat membantu guru lebih produktif, menemukan pola pikir baru dalam pembelajaran dan menemukan solusi dari masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran. Aktivitas Refleksi pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara individu, namun akan lebih seru jika dilakukan bersama dengan rekan sejawat

Refleksi pembelajaran bersama rekan guru memiliki banyak manfaat, antara lain:

1) Meningkatkan kualitas pembelajaran, Refleksi pembelajaran bersama rekan guru dapat membantu guru untuk melihat kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa mendatang.

2) Mengembangkan profesionalisme guru, Refleksi pembelajaran bersama rekan guru dapat membantu guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Hal ini dapat dilakukan dengan bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dengan rekan guru lainnya.

3) Menciptakan budaya profesionalisme di sekolah,  Refleksi pembelajaran bersama rekan guru dapat membantu menciptakan budaya profesionalisme di sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan saling menghargai dan menghormati pendapat masing-masing guru.

Kegiatan refleksi pembelajaran yang dapat dilakukan guru bersama rekan sejawat dapat berbentuk kelompok diskusi untuk membahas proses pembelajaran yang telah dilakukan, mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru lainnya atau bersama-sama menganalisis hasil belajar peserta didik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan refleksi pembelajaran bersama rekan guru, diantaranya : 

  1. Keterbukaan. Guru perlu bersikap terbuka dalam memberikan dan menerima masukan dari rekan guru lainnya. 
  2. Kritik yang membangun, Guru perlu bersikap kritis dalam melihat kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan.
  3. Konstruktif, sebagai masukan/sarana yang diberikan oleh rekan guru harus bersifat konstruktif dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Hal ini penting karena sebagai pendidik sosok guru bertanggung jawab terhadap apa yang kita ajarkan dan dampaknya terhadap peserta didik sehingga dengan ketiga hal tersebut akan timbul motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan kompetensinya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan refleksi pembelajaran bersama rekan guru secara efektif:

  1. Siapkan topik yang akan dibahas, Topik yang dibahas harus relevan dengan proses pembelajaran yang telah dilakukan.
  2. Berikan waktu yang cukup, Refleksi pembelajaran membutuhkan waktu yang cukup agar dapat dilakukan secara mendalam.
  3. Buatlah suasana yang nyaman, Suasana yang nyaman tanpa ada paksaan dari pihak manapun akan membuat guru merasa lebih terbuka dan nyaman dalam memberikan dan menerima masukan. 
  4. Buatlah catatan, Catatlah poin-poin penting yang dibahas dalam refleksi pembelajaran. Hal ini memmerlukan kejujuran terhadap apa yang dipikirkan dan dirasakan guru antara kondisi ideal dalam pembelajaran dengan keadaan riilnya.

Melalui refleksi pembelajaran bersama rekan guru secara efektif, guru akan senantiasa melakukan perbaikan dalam memberikan peroses pembelajaran yang inovatif kepada peserta didik. Selain itu budaya kolaboratif antar guru akan terbangun sehingga suasana solid dan saling menguatkan akan terbangun dilingkungan sekolah.

Penulis : Bahtiar Rifai, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.