Tips Berkendara Sehat dan Selamat di Jalan Raya

Kendaraan merupakan alat transportasi penting untuk mendukung mobilitas dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali moda transportasi yang tersedia baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Terlebih pemerintah terutama kota Semarang sudah menyediakan kendaraan umum berupa Bus Trans Semarang maupun Feeder. Dengan adanya kendaraan ini banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat luas, terutama untuk perjalanan rutin bagi anak sekolah maupun pekerja. Meskipun begitu, banyak masyarakat yang tetap memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan berbagai aktivitasnya, selain lebih cepat tentunya hal ini juga memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk dapat menuju ke tempat tujuan masing-masing dengan mudah. Mengendarai kendaraan baik itu roda dua atau roda empat tentunya harus memperhatikan factor keselamatan baik diri sendiri ataupun orang lain sesame pengguna jalan. Berikut sediti tips pada saat berkendara di jalan raya:

  1. Kenali Kendaraan Anda. Setiap model atau jenis kendaraan memiliki karakter yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa factor, seperti bodi kendaraan (besar/kecil), respon mesin serta tenaga dari mesin itu sendiri. Semakin besar bodi kendaraan, tentunya semakin banyak hal yang harus diperhatikan supaya lebih hati-hati terutama ketika jalanan macet. Lalu respon mesin juga dapat mempengaruhi gaya berkendara, semakin besar kapasitas mesin maka tenaga dari kendaraan juga semakin besar. Oleh karena itu mengenali kendaraan juga merupakan factor penting dalam berkendara.
  2. Menjaga Kecepatan. Semakin cepat kendaraan melaju, maka semakin cepat pula sampai ke tujuan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku apabila jalan sedang dalam kondisi macet, oleh sebab itu menjaga ritme kecepatan sangatlah penting, jangan sampai kita memakai lajur kanan sementara hal itu akan berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan. Bukannya cepat sampai tujuan, justru akan memperpanjang kemacetan.
  3. Jaga Jarak Aman. Menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan sangatlah penting. Hal ini dikarenakan bahwa kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak, kita bisa melakukan antisipasi supaya tidak menabrak kendaraan di depan kita. Hal ini juga lebih memberikan sikap waspada terhadap kendaraan di belakang kita supaya tidak melakukan pengereman mendadak dan menabrak kendaraan kita.
  4. Waspada Dengan Kondisi Sekitar. Dalam berkendara, kita harus selalu waspada dengan keadaan sekitar kita, mengingat lalu lintas di jalan umum selalu berubah dan tidak bisa diprediksi. Selalu waspada dengan blind spot atau titik buta kendaraan kita.
  5. Tetap Tenang Dalam Segala Kondisi. Kondisi jalan yang padat memang membuat kita merasa panik, apalagi jam padat seperti jam masuk sekolah ataupun masuk kantor. Kepanikan ini membuat kita sering salah dalam memprediksi kondisi sekitar kita terutama pada saat belok, menyalip atau akan berhenti.

Demikian sedikit tips yang mungkin dapat membantu, berkendara aman dimulai dari diri sendiri. Terima kasih.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis : Imamul Huda, S.Pd,. Guru Produktif TBSM

Editor: Tim Humas