Belajar dengan  Kaizala

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pada saat proses interaksi tersebut terjadi di tempat dan dimungkinkan di waktu yang berbeda, maka pembelajaran menjadi pembelajaran jarak jauh, dan untuk menghubungkan proses interaksi tersebut diperlukan media sebagai penghubung. Pembelajaran Jarak Jauh (distance learning as any formal approach to instruction in which majority of the instruction occurs while educator and leraner are not in each others physical present) dapat didefinisikan sebagai kegiatan belajar dimana ada keterpisahan antara peserta didik dan pengajar, keterpisahan tersebut dijembatani dengan media pembelajaran. Untuk membelajarkan peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal meskipun dilakukan secara jarak jauh diperlukan sebuah inovasi desain pembelajaran  yang dapat memberikan hasil belajar lebih baik, peningkatan efisiensi dan efektivitas pembelajaran menuju pembaharuan.

Maka dari  uraian diatas salah satu media yang digunakan untuk menghubungkan pendidik dan pebelajar maka dijembatani sebuah media pembelajaran yaitu aplikasi Kaizala. aplikasi ini buatan microsost yang berisi  aplikasi manajemen pesan dan pesan yang aman yang memungkinkan berkolaborasi dengan orang lain di dalam dan di luar organisasi. Kirim dan terima pesan instan, koordinasikan tugas, kirimkan video atau photo, dan menggunakan alat khusus untuk berinteraksi di manapun berada. maka media ini sangat cocok untuk di gunakan untuk alternative pembelajaran jarak jauh pada saat ini. Aplikasi ini dapat di unduh di Playstore, appstore dan web https://webapp.kaiza.la/ kemudian cara Installasi sangat mudah sekali. Mengunduh aplikasi seluler, Unduh Microsoft Kaizala dari Google Play Store atau App Store di perangkat  seluller ketuk mulai masukkan nama dan nomor telepon, lalu ketuk berikutnya. Izinkan Kaizala memverifikasi nomor telepon mengimpor daftar kontak dan siap untuk mulai menggunakan Kaizala.

Aplikasi ini mempunyai kelebihan antara lain : aplikasi ini berbasis percakapan atau chat sehingga kuota data sangat kecil, mempunyai layanan yang lengkap untuk proses pembelajaran, ringan mudah digunakan, penyimpanan berbasis cloud dan hanya membutuhkan nomer Handphone untuk mengoperasikanya. Cara memulainya pun cukup mudah setelah masuk pada halamat chat di situ ada Menu Pengumuman yang berfungsi untuk membuat topic atau mata pelajaran yang baru, Menu Tugas  berfungsi untuk memberikan kepada anggota grup, Menu Mari Bertemu berfungsi untu reminder jadwal pertemuan yang bisa diatur secara fleksibel, Menu Foto Lokasi dimana kita bisa memastikan lokasi terupdate anggota grup pada saat kita berinteraksi,  Menu Kehadiran yang berfungsi untuk absensi kehadiran secara terkini dan masih banyak menu-menu menarik lainya pada aplikasi kaizala ini.

Untuk memperdalam pemanfaatan aplikasi Kaizala ini sudah banyak tutorial yang bisa di unduh di dunia maya bagaimana cara memanfaatkan secra optimal dalam proses pembelajaran jarak jauh. Demikian uraian sedikit tentang belajar dengan aplikasi kaizala  semoga aplikasi ini bisa menambah motivasi dalam proses pembelajaran jarak jauh yang lebih kreatif dan menarik.

Penulis : Sudarmoyo.S.T,M.Pd, Guru SMKN 1 Kaliwungu Kab.Semarang
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang Kab.Semarang