Pemanfaatan Google Classroom dalam Menilai Suatu Karya melalui Resensi

Saat ini Indonesia punya tantangan besar dalam penanganan Covid-19. Aspek yang menjadi tantangan saat ini salah satunya adalah Pendidikan. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan Sosial Distancing atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai Physical distancing (menjaga jarak fisik ) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Kebijakan ini di upayakan untuk memperlambat laju persebaran virus corona ditengah masyarakat.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah yaitu melalui pembelajaran daring. Menaggapi kebijakan belajar dari rumah maka kami para pendidik di SMK Negeri 1 Semarang menggunakan media pembelajaran berbasis online untuk memudahkan proses pembelajaran tetap berjalan , salah satu medianya adalah pemanfaatan Google Classroom.

Herman dalam Hanimi 2017 mengatakan Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Selain itu google classroom bisa menjadi sarana distribusi tugas , submit tugas bahkan menilai tugas-tugas yang dikumpulkan.

Menilai suatu karya melalui resensi merupakan materi pembelajaran di SMK kelas XI pada semester gasal ini. Menilai suatu karya atau yang kita kenal dengan resensi merupakan pertimbangan baik buruknya suatu karya. Penulis menganggap siswa perlu merensi sebuah karya dengan memanfaatkan google classroom , salah satu karya yang diresensi berupa buku.

Sebagai guru Bahasa Indonesia di SMKN 1 Semarang, pembelajaran menilai suatu buku atau meresensi merupakan pembelajaran yang diajarkan di kelas secara daring dengan memanfaatkan media google classroom. Siswa berlatih merensi dengan mempertimbangkan baik buruknya buku tersebut. Yang tentunya dalam meresensi haruslah objektif sesuai dengan kualitas isi buku (Buku paket Bahasa Indonesia kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi 203 )

Adapun unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi diantaranya judul resensi, idetitas buku yang diresensi, pendahuluan, isi resensi, keunggulan buku, kekurangan buku dan penutup. Pemanfaatan google classroom dalam menilai sebuah buku melalui resensi pada masa pandemi ini dilakukan secara online. Langkah-langkah yang dilakukan untuk meresensi sebuah buku adalah pertama  siswa menentukan dan mencari judul buku yang akan diresensi. Langkah kedua membaca isi buku yang akan diresensi. Mengidentifikasi identitas buku yang meliputi pendahuluan, isi resensi, keunggulan buku, kekurangan buku, dan penutup sebagai langkah ketiga. Langkah terakhir adalah  menuliskan hasil resensi ke media online yaitu google classroom.

Pemanfaatan google classroom dalam menilai suatu karya melalui resensi sangatlah mudah dilakukan siswa pada masa pandemic seperti ini, yang dilakukan secara online, yaitu dengan mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas di rumah atau dimanapun tanpa terikat batas waktu ataupun pelajaran.

 

Dra. Harmiati Eistiningrum

Guru Bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Semarang