Perkuat Kebiasaan Membaca dengan Program Literasi Sekolah

Sebagaimana sekolah lain, SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang  termasuk salah satu sekolah yang melaksanakan gerakan literasi sekolah secara konsisten sebagai usaha menumbuhkan budi pekerti siswa dan meningkatkan wawasan khususnya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Literasi adalah istilah umum untuk menunjuk pada seperangkat kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam menulis, membaca, berbicara, menganalisa juga memecahkan masalah yang nantinya akan membawa manfaat pada kehidupan sehari-hari.

Diawali dengan pembentukan tim literasi SMANTA melalui SK Kepala Sekolah dan pembagian jadwal materi literasi, kegiatan literasi ini dilaksanakan rutin selama 15 menit di pembelajaran awal masuk pagi hari. Dibawah panduan tim literasi dan pengawasan bapak ibu guru yang mengajar di jam pertama dan penyediaan buku khusus literasi per siswa, maka pelaksanaan kegiatan literasi ini diharapkan bisa efektif dan berdampak positif bagi siswa dan juga bapak ibu guru.

Peran serta dan kepedulian bapak ibu guru dalam kegiatan literasi sangat mendukung keberlangsungan program, apalagi untuk anak usia SMA perlu ada bimbingan dan panduan. Mulai dari menyiapkan materi literasi setiap hari, pendistribusian ke kelas-kelas dan upaya pengkondisian kelas agar siswa bisa mengerjakan tugas dengan baik.

Materi yang bervariasi dan multi dimensi akan semakin menambah wawasan siswa terhadap hal hal baru yang tidak mereka dapatkan di mata pelajaran biasa. Bentuk tugas literasi bisa secara perorangan atau kelompok agar menumbuhkan semangat dan kekompakan siswa dalam menyelesaikan suatu tugas yang diberikan. Apresiasi atau penghargaan atas tugas literasi siswa perlu dilakukan semisal tanda tangan guru pendamping atau ulasan tanggapan dari bapak ibu guru terhadap suatu tema literasi.

Perlu sekiranya untuk menunjang keberhasilan program literasi sekolah ini diadakan lomba antar siswa untuk penulisan makalah dengan tema khusus, Lomba Cerdas Cermat ( LCC ), tak lupa hadiah menarik yang sesuai generasi milenial agar keaktifan mereka dalam mengikuti program ini bisa berbuah manis. Juga kelak nantinya mereka akan menjadi generasi muda berkualitas, terdidik, kritis dan peduli dengan lingkungan.

Bila memungkinkan, para siswa yang memiliki bakat membaca dan menulis diikutsertakan dalam even lomba tingkat  regional maupun nasional untuk mengasah keterampilan dan juga menginspirasi teman- temannya juga tak kalah pentingnya untuk promosi prestasi sekolah di level Jawa Tengah maupun Indonesia.  ***  Experience is The Best Teacher ***

Penulis : Muhammad Rohib Hirzi, S.Pd, Guru PPKn SMA Negeri 1 Tengaran Kab Semarang
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang