Ikuti Event Lanal Semarang, Satgas Mandala Raih Prestasi

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang menggelar event Festival Dermaga yang bertempat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 21 sampai 23 Maret 2023. Festival ini diselenggarakan secara gratis untuk warga sebagai sarana edukasi dunia bahari melalui kapal perang sekaligus mengenalkan kapal latih legendaris KRI Dewaruci buatan Jerman di tahun 1953. Danlanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M.Tr. Hanla., M.M, mengatakan bahwa dalam festival ini, warga bisa melihat-lihat bagian kapal dan menyaksikan keseharian Taruna TNI Angkatan Laut yang berada di kapal latih. “Harapan dari kegiatan ini adalah kapal legendaris milik TNI Angkatan Laut KRI Dewaruci dibuka untuk umum dalam gelaran Festival Dermaga atau Dewaruci menyapa warga di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Festival yang diprakarsai oleh pangkalan TNI Angkatan laut Semarang ini merupakan salah satu upaya mendekatkan TNI dengan masyarakat yang diharapakan bisa memahami lebih dalam tentang dunia bahari dan dapat mengenal kapal-kapal bersejarah milik bangsa Indonesia, seperti KRI Dewaruci dan kapal perang lainnya,” jelas Kolonel Marinir Hariyono. Festival Dermaga KRI Dewaruci dihadiri oleh masyarakat, taruna-taruni kampus pelayaran Bahari, dan siswa-siswi sekolah di sekitar Semarang. Tak ketinggalan siswa-siswi SMA Negeri 2 Ungaran yang ikut berpartisipasi dalam event tersebut, yakni dalam lomba Peraturan Baris Berbaris dan Variasi Formasi (PBB Varfor). Lomba tersebut diikuti oleh tim Satgas Mandala Organisasi Siswa Komtama Mandala Paskibra SMA Negeri 2 Ungaran.

Lomba PBB Varfor tersebut merupakan lomba yang terbuka untuk umum, sehingga pesertanya mulai dari SMA/SMK/MA serta Kampus/Politeknik Pelayaran Bahari. Peserta dari Kampus/Politeknik Pelayaran Bahari tentunya lebih senior dari segi usia dibandingkan dengan anggota Satgas Mandala yang masih kelas X-XI SMA. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat anggota, mereka justru menganggap hal tersebut sebagai suatu tantangan yang harus dilewati. “Kalau layar sudah terkembang pantang pulang sebelum menang,” begitu kira-kira yang pantas disematkan kepada Satgas Mandala yang bertanding. Satgas Mandala dari SMAN 2 Ungaran berhasil meraih Juara 3 dalam kategori lomba PBB Varfor di event Festival Dermaga tersebut. Penyerahan Trophy, Piagam dan Uang Pembinaan diserahkan langsung oleh Danlanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M.Tr. Hanla., M.M. Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Organisasi Komtama Mandala Paskibra dan SMA Negeri 2 Ungaran.

Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi kapal-kapal perang TNI AL dan kapal legenda KRI Dewaruci yang dibuat 70 tahun silam. Siswa-siswi SMA Negeri 2 Ungaran terlihat antusias mengikuti festival ini dan banyak yang mengambil foto di sekitar kapal KRI Dewaruci. “Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami bisa melihat kapal perang legendaris secara langsung. Kami bisa mempelajari banyak hal tentang dunia bahari dan kapal perang dari kegiatan ini,” ujar salah seorang siswa SMA Negeri 2 Ungaran.

 

Penulis : Humas SMAN 2 Ungaran

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang