SMKN 10 Semarang Mengikuti Diskusi Pengutamaan Bahasa Negara di Lingkungan Dinas Pendidikan

Bapak Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 10 Semarang, diundang sebagai peserta dalam kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Program Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Surat Dinas. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Bahasa Propinsi Jawa Tengah, sebagai upaya untuk meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, Ibu Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd M.Pd membuka kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun tersebut yang berlangsung pada hari Kamis, 13 April 2023 di Ruang Tlogo, Hotel Kesambi Hijau. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Sunarto, M.Pd.serta sepuluh sekolah yang selama ini menjadi binaan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dalam hal pengutamaan bahasa negara..

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi titik temu agar pelaksanaan program pengutamaan bahasa negara di sekolah berjalan sesuai dengan harapan. Rekomendasi dalam kegiatan ini akan kami tindak lanjuti. Dalam waktu dekat kami akan melakukan audiensi dengan pemerintah daerah,” tutur Syarifuddin.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Uswatun menyebut bahwa program pengutamaan bahasa negara di sekolah perlu didukung karena dapat menjadi sarana pembelajaran penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah bagi anak didik.

“Jika setiap sudut di sekolah terpampang tulisan yang sesuai dengan kaidah, saya yakin anak-anak akan semakin paham terhadap kaidah bahasa Indonesia,” kata Uswatun menerangkan.

Bapak Ardan Sirodjuddin, selaku Kepala SMKN 10 Semarang, merasa sangat terhormat dapat hadir di kegiatan ini dan menjadi bagian dari diskusi yang sangat penting mengenai pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan surat dinas.

“Kami di SMKN 10 Semarang sangat mendukung program Balai Bahasa Propinsi Jawa Tengah dalam mendorong penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagai seorang pendidik, kami menyadari betapa pentingnya bahasa yang tepat dan benar dalam membentuk karakter siswa, serta menghasilkan karya yang bermutu” Ujar Bapak Ardan Sirodjuddin.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang