Pembelajaran menyenangkan merupakan pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dan membuat mereka termotivasi untuk belajar. Pembelajaran yang seperti itu dapat meningkatkan pemahaman siswa, mengurangi stres, dan meningkatkan daya ingat. Ada banyak cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) mata pelajaran ekonomi di kelas 11 SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) Semarang dirancang menjadi pembelajaran yang lebih nyata dan menyenangkan dengan menggunakan AR Rupiah.
Rabu (22 November 2023), pada saat KBM, Ibu Sri Widayati, S.Pd., mengajak siswa untuk praktikum menggunakan AR Rupiah. Siswa menggunakan uang kertas yang dimiliki masing-masing sebagai alat praktikum. Kemudian, siswa diminta untuk membuka aplikasi AR Rupiah yang sudah di downloadkan guru di ipad mereka. Setelah itu, siswa mengarahkan kamera ipad ke gambar mata uang rupiah tersebut.
Aplikasi AR Rupiah kemudian akan menampilkan animasi 3D dari mata uang rupiah tersebut. Animasi 3D tersebut menampilkan berbagai informasi tentang mata uang rupiah, mulai dari gambar pahlawan nasional yang tertera di mata uang, filosofi desain, hingga makna di balik pecahan mata uang.
Siswa terlihat sangat antusias mengikuti KBM tersebut. Mereka tampak senang dan tertarik mempelajari mata uang rupiah dengan menggunakan AR Rupiah.
“AR Rupiah membuat pembelajaran ekonomi menjadi lebih menyenangkan,Kita bisa melihat mata uang rupiah secara lebih detail dan nyata,” kata Hasna. Suasana kelas menjadi lebih berwarna. “Wah asiknya, serasa keliling Indonesia”, Devina menimpali Hasna.
Bu Wied mengatakan bahwa AR Rupiah dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang mata uang rupiah. AR Rupiah dapat membuat pembelajaran menjadi lebih nyata dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar ekonomi.
“AR Rupiah dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan mata uang rupiah kepada generasi muda”, kata Bu Wied. “Dengan menggunakan AR Rupiah, siswa dapat lebih memahami sejarah, filosofi, dan makna di balik mata uang rupiah.”
AR Rupiah adalah aplikasi edukasi Rupiah digital berbentuk game augmented reality (AR) yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. Aplikasi ini mengangkat tema Rupiah Wonderful Indonesia, yang mengulas kisah dibalik selembar uang Rupiah. Sebagai simbol kedaulatan negara dan manifestasi kebudayaan nusantara, AR Rupiah menampilkan sosok pahlawan nasional serta keberagaman budaya Indonesia.
Dengan tampilannya yang interaktif dan imersif, AR Rupiah dapat membantu siswa untuk mempelajari mata uang rupiah dengan lebih detail dan menyenangkan.
Penulis : Sri Widayati, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.
Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.
Komentar Pengunjung